detikNews
Senin 16 September 2019, 20:15 WIB

Mundur Sebulan, Musim Hujan di Jawa Barat Dimulai Awal November

Reta Amaliyah Shafitri - detikNews
Mundur Sebulan, Musim Hujan di Jawa Barat Dimulai Awal November Kantor BMKG Bandung. (Foto: Reta Amaliyah Shafitri/detikcom)
Bandung - Badan Metereologi dan Klimatologi (BMKG) Bandung memperkirakan musim penghujan di Provinsi Jawa Barat akan mundur dari waktu normal.

Awal musim hujan yang umumnya dimulai Oktober, baru akan terjadi pada awal November. Meski demikian, delapan persen wilayah selatan Jawa Barat seperti pesisir Pangandaran diperkirakan memasuki musim hujan pada akhir Oktober.


Staf Data dan Analisis BMKG Bandung Maulana Mustaqim mengatakan, mundurnya perkiraan musim hujan dikarenakan suhu muka air laut relatif dingin sehingga tidak ada penguapan yang berpotensi hujan. Dampaknya adalah pembentukan awan-awan hujan berkurang dan curah hujan juga masih rendah.

Hal ini juga mempengaruhi kondisi cuaca di Jawa Barat, sehingga awal musim hujan di satu daerah dengan daerah lain tidak merata. Di bagian utara seperti Karawang, Indramayu dan Cirebon baru memasuki musim hujan pada awal Desember.

"Berdasarkan analisis, mundurnya perkiraan musim hujan tidak ada kaitannya dengan gejala El Nino atau La Nina," ucap Maulana di Kantor BMKG Bandung, Senin (16/9/2019).

Mundur Sebulan, Musim Hujan di Jawa Barat Dimulai Awal NovemberDok. BMKG Bandung
Maulana menuturkan, mundurnya musim hujan menyebabkan rentang musim kemarau menjadi lebih panjang. Dampak yang paling parah terlihat di wilayah Pantura, banyak petani gagal panen dan peternak kesulitan mencari pakan karena kekeringan. Bahkan kebakaran lahan akibat kemarau panjang terjadi di kaki Gunung Serewen, Nagreg.

"Puncak kemarau sudah lewat pada Agustus ditandai dengan hujan yang sangat deras. Sedangkan puncak musim hujan berdasarkan data yang diamati diperkirakan terjadi pada Februari-Maret 2020," ucapnya.


Pihaknya mengimbau warga agar waspada dengan bencana angin puting beliung, banjir dan sungai meluap terutama di wilayah selatan Bandung. "Bencana tersebut perlu diwaspadai mengingat musim hujan tahun ini akan berpotensi lebih ekstrem," ujar Maulana.


Simak juga video "Jelang Musim Hujan, Anies Harap Pembangunan Waduk di Bogor Dikebut":

[Gambas:Video 20detik]


(tro/tro)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com