detikNews
Kamis 12 September 2019, 14:41 WIB

Antisipasi Kecelakaan, Perlengkapan Keamanan di Cipularang Ditambah

Yudha Maulana - detikNews
Antisipasi Kecelakaan, Perlengkapan Keamanan di Cipularang Ditambah Jasa Marga menambah rambu keselamatan di Tol Cipularang. (Yudha Maulana/detikcom)
Bandung Barat - General Manager (GM) Jasa Marga Cabang Purbaleunyi AJ Dwi Winarsa mengatakan pihaknya akan menambah rambu dan kelengkapan keamanan di ruas Tol Cipularang. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi terjadinya kecelakaan di jalur sepanjang 58,5 kilometer tersebut.

"Kita akan pasang strobo (warning light) warna biru yang sangat terang agar pengendara berhati-hati. Strobo itu akan dipasang di tiga titik, yakni Km 99, 93, dan 91," ujar Winarsa saat ditemui saat ramp check di Km 120 Purbaleunyi, Kabupaten Bandung Barat (KBB), Kamis (12/9/2019).


Selain itu, pihaknya juga akan memasang delapan rambu tambahan dan mengganti guide drill, dari one span menjadi double span. "Ada pemasangan PJU juga, MCB, rambu strip, dan emergency escape line. Ketika ada gangguan, kendaraan bisa berhenti darurat di situ," katanya.

Antisipasi Kecelakaan, Perlengkapan Keamanan di Cipularang DitambahKecelakaan maut di Tol Cipularang beberapa waktu lalu. (Yudha Maulana/detikcom)
Rencananya, pemasangan rambu dan kelengkapan keamanan tersebut akan rampung pada akhir September ini. Di samping itu, Winarsa menegaskan, Tol Cipularang laik untuk dilalui kendaraan. Ia pun membantah jika penyebab kecelakaan akibat faktor geometrik.

"Penyebab kecelakaan terakhir hasil investigasi kepolisian penyebabnya memang ODOL (over dimension-over load)," ujarnya.

"Data dari polisi muatan tiga kali lipat dan dimensinya juga lebih. Di Km 91-93 pada 2019 ini, ada empat kecelakaan, penyebabnya ya karena ODOL itu tadi," dia melanjutkan.


Terkait kondisi jalan, Tol Cipularang telah dikaji dan dievaluasi dari aspek kelaikannya dan perambuannya oleh PUPR, Dishub, dan kepolisian.

"Kalau tidak laik jalan, ya tidak boleh ada kendaraan yang lewat. Kami juga melakukan audit ketentuan standar pelayanan per semester," ucap Winarsa.




Tonton juga video Saksi Mata: Antara Mistis dan Lalai di Km 90-100 Tol Cipularang:

[Gambas:Video 20detik]


(tro/tro)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com