Haornas, Pelajar Ikuti Jalan Sehat Sambil Bersihkan Alun-alun Ciamis

Dadang Hermansyah - detikNews
Rabu, 11 Sep 2019 13:06 WIB
Pelajar Ciamis memperingati Haornas dengan jalan sehat dan membersihkan Alun-alun Ciamis. (Dadang Hermansyah/detikcom)
Ciamis - Pelajar dari SMA Informatika Ciamis memiliki cara unik dalam memperingati Hari Olahraga Nasional (Haornas). Sambil menggelar jalan sehat, para pelajar ini melakukan aksi sosial dengan membersihkan dan menyiram tanaman di Alun-alun Ciamis, Rabu (11/9/2019) pagi.

Selepas upacara peringatan Haornas ke-36 di sekolah, ratusan pelajar SMA Informatika langsung jalan sehat dilepas oleh Wakil Bupati Ciamis Yana D Putra menuju Alun-alun Ciamis.


Berbekal sapu lidi, wadah sampah, dan ember, mereka langsung bergerak antusias bebersih dan menyiram satu per satu tanaman. Mengingat pada musim kemarau panjang ini, tanaman di Alun-alun Ciamis mengering karena kekurangan air. Tujuannya supaya tanaman di alun-alun kembali menghijau dan indah dipandang mata.

"Sedang bersih-bersih sambil siram tanaman juga supaya tidak layu. Sekarang musim kemarau. Dalam rangka memperingati Haornas di sekolah, ini bakti sosial," ujar Fahmi, salah seorang siswa SMA Informatika.

Haornas, Pelajar Ikuti Jalan Sehat Sambil Bersihkan Alun-alun CiamisFoto: Dadang Hermansyah/detikcom
Kepala SMA Informatika Ciamis Asep Dana menjelaskan, dalam peringatan Haornas ke-36, pihaknya melaksanakan empat kegiatan pendidikan karakter. Pertama, upacara peringatan yang dipimpin oleh Wakil Bupati Ciamis, dilanjutkan dengan jalan sehat, lalu bersih-bersih dan siram tanaman di Alun-alun Ciamis, serta terakhir makan bersama di sekolah sebagai wujud kebersamaan.

"Bakti sosial bebersih di Alun-alun dan menyiram tanaman karena mengingat sekarang musim kemarau. Dilanjutkan makan bersama menggunakan daun pisang, tidak ada plastik sehelai pun," ucap Asep saat ditemui di Alun-alun.

Haornas, Pelajar Ikuti Jalan Sehat Sambil Bersihkan Alun-alun CiamisFoto: Dadang Hermansyah/detikcom
Sementara itu, Wakil Bupati Ciamis Yana D Putra mengapresiasi peringatan Haornas yang dilaksanakan SMA Informatika bekerja sama dengan KONI Ciamis ini. Momen ini dijadikan momentum untuk kebangkitan olahraga Ciamis. Salah satunya bisa tercapai target Porda Jabar, Ciamis bisa menduduki posisi 10 besar.

"Ke depan, kegiatan ini banyak manfaatnya. Setiap sekolah diharapkan jadi agenda tahunan. Ini sangat positif," ujar Yana. (tro/tro)