detikNews
Minggu 08 September 2019, 12:00 WIB

Pemkot Bandung akan Deklarasi 'Muslim Friendly City'

Mochamad Solehudin - detikNews
Pemkot Bandung akan Deklarasi Muslim Friendly City Foto: Baban Gandapurnama-detikcom
Bandung - Pemerintah Kota Bandung akan mendeklarasikan sebagai 'Muslim Friendly City' untuk meningkatkan potensi wisata.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Bandung Dewi Kaniasari menuturkan, pada 27 September mendatang akan pas adeklarasi 'Muslim Friendly City'. Hal itu, sebagai langkah mewujudkan wisata halal di Kota Bandung.

Dia menjelaskan road map wisata halal Kota Bandung akan dimulai dari deklarasi tersebut. Dengan begitu konsep serta pengembangan wisata halal bisa maksimal.

Ia juga mengaku saat ini sedang menyusun konsep Halal Street Food di Jalan Gelap Nyawang. Nantinya di lokasi tersebut akan menjadi percontohan wisata halal di Bandung.

Saat ini, kata dia, Halal Street Food Gelap Nyawang masih dalam persiapan dan sosialisasi. Kawasan itu dipilih sebagai percontohan karena lokasinya dekat dengan tempat ibadah, pusat kuliner dan rekreasi.

"Perencanaan dan perancangan Halal Street Food Gelap Nyawang sudah sampai tahap sosialisasi dan publikasi. Ke depan akan ada pelatihan pedagang Gelap Nyawang oleh Pusat Halal Salman," katanya, dalam rilis, Minggu (8/9/2019).

Sementara itu, Wali Kota Bandung Oded M Danial mengajak semua pihak untuk ikut serta mewujudkan wisata halal di Kota Bandung. "Menciptakan Bandung wisata halal ini tentunya harus bekerja sama dengan semua. Kolaborasi menjadi paling utama," ucapnya.

Dia berharap pengembangan wisata halal bisa menjadi daya tarik baru untuk industri pariwsata di Kota Bandung dan menjadi roda penggerak ekonomi masyarakat.

"Saya berharap destinasi Halal segera terwujud. 'Muslim friendly city' kita rencanakan tak hanya dari aspek fisik seperti infrastruktur saja, tapi juga nonfisik, seperti pelatihan dan hal lainnya," ujarnya.


(mso/ern)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com