detikNews
2019/09/06 21:58:40 WIB

Saber Pungli Jabar Bongkar Jual-Beli Nomor Antrean Paspor

Dony Indra Ramadhan - detikNews
Halaman 1 dari 3
Saber Pungli Jabar Bongkar Jual-Beli Nomor Antrean Paspor Ilustrasi pungli (Foto: Basith Subastian/detikcom)
Bandung - Satgas Saber Pungli Jawa Barat (Jabar) membongkar praktik jual-beli nomor antrean permohonan pembuatan paspor di kantor Imigrasi Bandung. Akibat adanya pembobolan, masyarakat kesulitan untuk mengurus paspor.

Kasus ini bermula dari banyaknya laporan masyarakat yang masuk ke Divisi Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM Jabar terkait sulitnya memperoleh barcode dan nomor antrean sebagai syarat pembuatan paspor. Atas dasar itu, tim Satgas Saber Pungli Jabar bergerak menyelidiki dan mengungkap tiga orang yang membeli nomor antrean kepada seseorang atau penjual nomor antrean.

"Beberapa hari ini kita bergerak. Kita tunggu dan betul hari ini ada tertangkap tangan yang menggunakan pihak lain untuk mengambil antrean. Ada tiga orang yang kita periksa, tapi dari pemeriksaan ini, ternyata ada empat orang. Mereka ini korban sebenarnya," ucap Kepala Tim Tindak Unit II Satgas Saber Pungli Jabar AKBP Basman di Kantor Imigrasi Bandung, Jalan PHH Mustofa, Kota Bandung, Jumat (6/9/2019).

Basman mengatakan keempat orang ini pemohon paspor yang membeli nomor antrean kepada seseorang yang kini sedang dalam pencarian tim Saber Pungli Jabar. Oknum penjual nomor antrean itu diduga membobol website pendaftaran online pembuatan paspor milik Imigrasi Bandung.

"Mereka ini korban. Karena gaptek ada keterbatasan kemampuan untuk mengambil nomor antrean, sehingga dia menggunakan tangan orang lain," kata Basman.
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com