detikNews
2019/09/04 17:29:52 WIB

Sopir Truk Penyebab Kecelakaan di Cipularang Terancam 6 Tahun Bui

Dian Firmansyah - detikNews
Halaman 1 dari 2
Sopir Truk Penyebab Kecelakaan di Cipularang Terancam 6 Tahun Bui Tersangka Subana (tengah) saat dihadirkan di Mapolres Purwakarta. (Dian Firmansyah/detikcom)
Purwakarta - Subana (40) ditetapkan sebagai tersangka insiden kecelakaan beruntun yang melibatkan 20 kendaraan dan menewaskan delapan orang di Tol Cipularang Km 91 arah Jakarta. Sopir truk yang membawa muatan tanah melebihi kapasitas itu terancam hukuman 6 tahun bui.

Kabidhumas Polda Jabar Kombes Truniyudo Wisnu Andiko menjelaskan tersangka Subana dikenai Pasal 310 UU RI Nomor 22 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan juncto Pasal 359 dan 360 KUHPidana. Kini Subana mendekam di sel tahanan Mapolres Purwakarta.

"Karena ancaman hukuman 6 tahun, masuk dalam kategori dapat dilakukan penahanan oleh Polres Purwakarta atau penyidik," kata Trunoyudo di Mapolres Purwakarta, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, Rabu (4/9/2019).


Dalam kasus kecelakaan maut ini, polisi menetapkan dua tersangka. Selain Subana, satu sopir dump truck lainnya adalah Dedi Hidayat. Tersangka Dedi tewas akibat dump truck muatan tanah yang dikemudikannya terguling akibat rem tak berfungsi.

Truk dikendarai Subana pun serupa, sehingga menabrak sejumlah kendaraan yang tengah melambatkan laju gegara ada truk terguling itu. Kondisi Km 91 ini memang jalannya menurun.

"Jadi satu tersangka meninggal. Satu tersangka lagi, S, diproses secara hukum," kata Truno.
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com