detikNews
2019/09/04 14:14:11 WIB

Kecelakaan Maut di Cipularang

Cerita Truk Dedi Terguling dan Truk Subana Seruduk Mobil di Cipularang

Dian Firmansyah - detikNews
Halaman 1 dari 2
Cerita Truk Dedi Terguling dan Truk Subana Seruduk Mobil di Cipularang Kecelakaan maut di Tol Cipularang. (Foto: Dian Firmansyah)
Purwakarta - Polisi membeberkan detik-detik dua truk mengakibatkan kecelakaan maut yang menewaskan dekapan orang di Km 91 Tol Cipularang, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat. Dump truck masing-masing dikemudikan tersangka Dedi Hidayat (45) dan Subana (40).

Kapolres Purwakarta AKBP Matrius menuturkan tersangka Dedi mengemudikan truk bernopol B-9763-UIT dan Subana mengendarai truk bernopol B-9410-UIU. "Tipe, jenis, dan perusahaan (tempat kerja dua tersangka) sama. Muatannya tanah," ucap Matrius di Mapolres Purwakarta, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, Rabu (4/9/2019).


Kecelakaan di Km 91 itu, sambung Matrius, bermula saat truk disopiri Dedi tiba-tiba mendahului truk Subana. Dua truk tersebut, ia menegaskan, kelebihan muatan tiga kali lipat. Dari yang seharusnya mengangkut tanah seberat 12 ton, ternyata truk membawa 37 ton tanah.

"Truk yang dikemudikan D mengalami gangguan fungsi rem. Karena jalan menurun, kelebihan muatan, mengakibatkan momentum mendorong ke jalan yang lebih landai," tutur Matrius.

Ia menjelaskan jalan menurun itu sepanjang sekitar 7 kilometer dari Km 97 hingga Km 90. Truk Dedi terus meluncur dengan keadaan rem bermasalah.

"Mengakibatkan panasnya cakram rem dan menimbulkan berkurangnya koefisien pengereman, sehingga dengan kata lain menjadi licin, dan kendaraan tidak terkendali. Truk dikemudikan inisial D itu akhirnya terguling di Km 91," ucap Matrius.
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com