TKW Meninggal di Yordania, Plt Bupati Cianjur Sampaikan Dukacita

Syahdan Alamsyah - detikNews
Rabu, 04 Sep 2019 09:55 WIB
Foto: dok. Istimewa
Cianjur - Plt Bupati Cianjur Herman Suherman menyambangi rumah duka Ani binti Iin (36), tenaga kerja wanita (TKW) yang meninggal di Yordania setelah 9 tahun hilang kontak dengan keluarga. Herman menyampaikan dukacita dan santunan.

Keluarga bercerita tentang Ani yang sempat hilang kontak selama 9 tahun. Rumah duka Ani berada di Kampung Cidalung, RT 07 RW 03, Desa Wangunsari, Kecamatan Naringgul, Kabupaten Cianjur.

"Kami ke lokasi dan menyampaikan rasa duka. Keluarga juga bercerita mereka sudah tidak berkomunikasi dengan Ani selama 9 tahun, tiba-tiba pulang sudah dalam keadaan meninggal dunia," kata Herman di Gedung Negara Pendopo Kabupaten Cianjur, Rabu (4/9/2019).

Herman juga mendukung langkah-langkah yang akan diambil pihak keluarga terkait kematian Ani, salah satunya mempertanyakan soal penyebab kematian. "Kami dukung langkah keluarga selama mengikuti koridor aturan yang ada," imbuhnya.

Terkait banyaknya permasalahan yang menjerat buruh migran, Herman meminta setiap pekerja tidak hanya memiliki skill atau keahlian kerja sesuai bidang, tapi juga mengikuti aturan yang ada, seperti memilih sponsor.

"Risiko yang dihadapi para pahlawan devisa ini cukup banyak dan harus dijadikan pertimbangan. Makanya harus berangkat secara resmi, lengkapi dokumennya. Hal ini akan mempermudah pemerintah dalam melakukan koordinasi dengan KBRI jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan," tandas dia.

Diberitakan sebelumnya, Ani binti Iin (36) pulang dalam keadaan meninggal dunia. Keluarga meragukan penyebab kematian korban yang disebut karena overdosis obat.

Jasad Ani tiba di rumah duka Kampung Cidalung RT 07 RW 03, Desa Wangunsari, Kecamatan Naringgul, Kabupaten Cianjur, pada Sabtu (30/8/2019) dini hari. Sebelumnya, keluarga mendapat kabar kematian Ani pada Jumat (9/8/2019).

"Sebelumnya, keluarga hilang komunikasi dengan Ani. Bahkan selama sembilan tahun bekerja di Yordania, Ani tidak pernah memberi kabar. Tiba-tiba pihak keluarga hanya mendapat keterangan melalui pesan WhatsApp dari Disnakertrans Cianjur perihal kematian Ani," kata Ali Hildan, Ketua Asosiasi Tenaga Kerja Indonesia Raya (Astakira) Pembaharuan, Minggu (1/9/2019). (sya/ern)