Dua Flyover Dibangun di Bandung Tahun Ini

Dua Flyover Dibangun di Bandung Tahun Ini

Mukhlis Dinillah - detikNews
Selasa, 03 Sep 2019 13:28 WIB
Foto: Mukhlis Dinillah/detikcom
Foto: Mukhlis Dinillah/detikcom
Bandung - Pemprov Jabar mulai membangun dua flyover (jalan layang) di Kota Bandung. Dua flyover yang dibangun itu menghubungkan Jalan Laswi-Pelajar Pejuang dan Jalan Jakarta-Supratman.

Groundbreaking pembangunan dua flyover itu berlangsung di Jalan Jakarta, Kota Bandung, Selasa (3/9/2019). Groundbreaking dilakukan langsung Gubernur Jabar Ridwan Kamil dan Wali Kota Bandung Oded M Danial.

Gubernur Jabar Ridwan Kamil mengatakan pembangunan dua flyover ini merupakan permintaan Pemkot Bandung. Sebab, dua lokasi tersebut langganan kepadatan, sehingga perlu solusi pengurai kemacetan.

"Tahun ini ada dua kita bangun flyover sesuai aspirasi (Pemkot Bandung). Karena dua titik ini sudah sangat padat, perlu solusi. Ini kebutuhan metropolitan," kata RK di sela-sela groundbreaking.

Ia menuturkan, dalam pembangunan perkotaan, yang paling krusial adalah konektivitas. Apalagi dengan terus bertambahnya jumlah kendaraan yang melintas di jalan, sehingga dibutuhkan penambahan aksesibilitas.

"Kunci perkotaan itu konektivitas. Titik mana lagi untuk memperlancar (aksesibilitas) akan kita bangun," jelas dia.

Kadis Bina Marga dan Penataan Ruang Jabar Koswara menjelaskan pembangunan dua flyover tersebut dilakukan dalam dua tahap. Tahap pertama adalah pembangunan fondasi dan tahap kedua fisik jalan layang.

"Tahap pertama itu relokasi utilitas PLN, Telkom, dan lainnya. Kemudian perluasan jalan, drainase memakan waktu 120 hari. Kemudian tahap kedua pembangunan fisik abutmen jembatan, oprit jembatan dan perkerasan beton," ungkap dia.

Wali Kota Bandung Oded M Danial mengaku pembangunan dua flyover ini diharapkan bisa mengurai kemacetan yang selama ini terjadi di wilayah tersebut. Ia berterima kasih atas bantuan anggaran Pemprov Jabar untuk pembangunan dua flyover tersebut.

"Karena kalau pakai APBD kita tidak akan mampu dipakai infrastruktur besar. Terima kasih Gubernur membantu Kota Bandung membangun flyover ini untuk mengurai kemacetan," ucap dia.

Ia berharap masyarakat memaklumi pembangunannya nanti mengganggu arus lalu lintas di sekitar lokasi. "Mohon maaf kepada masyarakat atas ketidaknyamanan nanti selama pembangunan," ujar Oded. (mud/ern)