Sambut 1 Muharam, Warga Ciamis Gelar Pawai Obor

Dadang Hermansyah - detikNews
Sabtu, 31 Agu 2019 22:36 WIB
Pawai obor di Ciamis. (Foto: Dadang Hermansyah/detikcom)
Ciamis - Menyambut malam Tahun Baru Islam 1441 Hijriah atau 1 Muharam, warga Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, turun ke jalan menggelar pawai obor. Suasana kawasan Alun-alun Ciamis terlihat meriah.

Pantauan detikcom, Sabtu (31/8/2019) malam, selepas salat isya atau sekitar pukul 19.30 WIB, masyarakat Ciamis berangkat dari beberapa desa dan kelurahan di kawasan perkotaan Ciamis menuju Alun-alun. Mereka dari Kelurahan Linggasari, Kelurahan Maleber dan Kelurahan Ciamis.

Peserta pawai terdiri anak-anak dan orang dewasa. Mereka membawa obor bambu. Selain membawa obor, warga membawa ragam lampion di antaranya berbentuk bintang dan miniatur kubah masjid.

Sambil diiringi bedug, drum band serta calung, peserta pawai obor menyusuri Jalan Ahmad Dahlan, Jalan HOS Cokroaminoto, Jalan Jendral Sudirman, Jalan Ir H Juanda, dan bermuara di Alun-alun Ciamis. Sejumlah personel TNI dari Kodim 0613 Ciamis dan anggota Polres Ciamis ikut mengamankan di sudut-sudut jalan.

Sambut 1 Muharam, Warga Ciamis Gelar Pawai OborKemeriahan warga Ciamis menyambut Tahun Baru Islam. (Foto: Dadang Hermansyah/detikcom)
Pawai obor dalam menyambut Tahun Baru Islam ini dimaknai warga Ciamis sebagai semangat untuk menyongsong masa depan lebih baik. "Semoga di tahun baru Islam ini kita bisa menjadi pribadi yang lebih baik lagi. Juga sebagai pengingat kepada semuanya bahwa umat muslim itu punya tahun baru hijriah, bukan tahun baru masehi," ujar Ratna (21), warga Kelurahan Linggasari.

Salah satu warga lainnya, Sari (19), sangat antusias mengikuti pawai obor bersama teman-temannya. Ia berharap di tahun 1441 Hijriah ini mendapat keberkahan berlimpah.

"Semoga amal ibadah selama satu tahun ini diterima dan dibukakan pintu amal yang baru," ucap Sari. (bbn/bbn)