Pilkades Serentak di Jabar, Wagub Uu: Berharap Sukses-Tanpa Ekses

Yudha Maulana - detikNews
Rabu, 28 Agu 2019 23:09 WIB
Wagub Jabar Uu Ruzhanul Ulum (Foto: Yudha Maulana/detikcom)
Cimahi - Sejumlah daerah di Jawa Barat akan melaksanakan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak pada November 2019 mendatang. Wagub Jabar Uu Ruzhanul Ulum berpesan agar para calon kepala desa (kades) yang ikut dalam bursa Pilkades untuk tidak menebar isu Suku, Agama, Ras dan Antar-golongan (SARA) dalam kampanyenya.

"Jangan sampai ada perpecahan saat kampanye. Jangan sampai terjadi lagi gesekan antara kelompok yang satu dengan kelompok yang lain," ujar Uu saat ditemui di Kantor BPSDM Jabar, Kota Cimahi, Rabu (28/8/2019).

"Cukup kampanyekan program yang akan dilakukan," ia melanjutkan.

Ia mengimbau agar masyarakat selaku konstituen jangan mudah terpancing dengan kampanye negatif oknum calon kades. "Jaga kondusivitas oleh seluruh elemen, baik dari panitia, masyarakat juga dari calonnya itu sendiri," ujar Uu.

Selain itu, Uu berharap agar panitia Pilkades Serentak bisa netral dan mengarah kepada salah satu calon kades. Pasalnya, meski di tingkat desa asas jujur dan adil, kata Uu, tetap wajib ditonjolkan.

"Kami berharap Pilkades ini sukses dan tanpa ekses," ucapnya.

Saat ini, ujar Uu, Pemprov Jabar tengah memberikan pelatihan kepada 200-an kades yang berasal dari berbagai wilayah di Jabar di BPSDM. Pemprov memberikan pendidikan manajemen kepemimpinan dan manajemen pemerintahan.

"Ini juga penting karena sekarang ada anggaran dana desa (ADD) dari pemkab/pemkot, Bantuan Keuangan dari provinsi dan juga dana desa (DD) dari pusat," katanya.

"Jangan sampai anugerah ini menjadi musibah," ujar Uu. (bbn/bbn)