6 Jemaah Haji Asal Cirebon Meninggal di Tanah Suci

Sudirman Wamad - detikNews
Senin, 26 Agu 2019 17:14 WIB
Foto: Haji 2019 (Ardhi Suryadhi/detikcom)
Cirebon - Enam jemaah haji asal Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, meninggal dunia saat menjalankan ibadah haji di Tanah Suci. Informasi tersebut dibenarkan Kemenag Kabupaten Cirebon.

Kasi Penyelenggara Haji dan Umroh Kemenag Kabupaten Cirebon Khidir mengatakan enam jemaah haji yang meninggal saat menjalankan ibadah haji itu berusia lanjut. "Kalau riwayat penyakit itu kewenangan Dinkes ya, tapi yang jelas dari laporan yang kami terima itu jemaah yang wafat ini sudah lanjut usia," kata Khidir saat ditemui detikcom di kantornya, Senin (26/8/2019).

Lebih lanjut, Khidir menyebutkan total jemaah haji asal Cirebon mencapai 2.162 jiwa. Selain enam jemaah haji yang meninggal di tanah suci, lanjut dia, ada juga seorang jemaah haji yang gagal diterbangkan lantaran memiliki riwayat penyakit.

"Ada juga satu jemaah yang meninggal sebelum berangkat ke tanah suci. Ketika cek kesehatan di Bekasi ternyata tak layak terbang, kemudian dipulangkan lagi ke Desa Tangkil dan beberapa hari kemudian meninggal, namanya Sukiman," kata Khidir.

Sementara itu, Khidir menyebutkan identitas enam jemaah haji yang meninggal dunia di tanah suci di antarany Setia Umbara, Rusja, Mukali Sukmajati, Radija Saman Aksan, Satiyem dan Mohamad Anwar Muchsim. Ke enam jemaah haji itu meninggal di rumah sakit dan hotel.

"Ada yang meninggal di Rumah Sakit King Abdul Aziz, Rumah Sakit Jabal Rahmah dan di hotel," katanya.

Lebih lanjut, Khidir mengatakan dari dua ribuan jemaah haji asal Cirebon yang bertolak ke Tanah Suci mayoritas berusia lansia. Ia berharap jumlah jemaah haji yang meninggal tak bertambah.

"Untuk jemaah haji yang meninggal dimakamkan di Arab Saudi, tentu melalui persetujuan keluarga. Semoga semua jemaah menjadi haji yang mabrur," ucapnya. (bbn/bbn)