detikNews
Rabu 21 Agustus 2019, 16:15 WIB

PLN Pangkas Puluhan Pohon di Bawah SUTET Cilawu Tasikmalaya

Deden Rahadian - detikNews
PLN Pangkas Puluhan Pohon di Bawah SUTET Cilawu Tasikmalaya Foto: Deden Rahadian
Tasikmalaya - Pascapadam listrik sebagian Jawa pada awal Agustus lalu, PLN gencar melakukan pemeliharaan jaringan. Petugas unit pelaksana teknis (UPT) Cirebon melakukan pemeliharaan jaringan di saluran udara tegangan ekstratinggi (SUTET) ruas 52 dan 53 yang melintasi Kecamatan Salawu, Kabupaten Tasikmalaya, Rabu (21/8/2019) siang.

Petugas memangkas puluhan pohon albasia dan pohon lain yang sudah mendekati jaringan SUTET. Ketinggian pohon yang dipangkas 13-15 meter. Ranting dan daun pohon hampir menyentuh jaringan SUTET hingga sangat berbahaya.

"Kita lakukan pemeliharaan sesuai peraturan, pohon yang berada di bawah SUTET dan membahayakan kita pangkas," ujar Stefanys Yans, Manajer UPT PLN Wilayah Cirebon.

Selain membahayakan warga di bawahnya, keberadaan pohon yang mendekati jaringan SUTET bisa menimbulkan lompatan tegangan hingga rawan menyebabkan listrik padam total.

"Ini membahayakan bisa menimbulkan lompatan aliran listrik yang bisa sebabkan listrik padam," terang Yans, sapaan akrabnya, di lokasi.

Proses pemangkasan puluhan pohon ini dikawal anggota kepolisian dan TNI.

Peristiwa padamnya listrik sebagian Jawa pada awal Agustus lalu membuat ratusan ribu pelanggan PLN terdampak. Semua lini, mulai ekonomi, kesehatan, hingga pendidikan, mengalami kerugian.
(ern/ern)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com