detikNews
Selasa 20 Agustus 2019, 17:46 WIB

Rengganis, Rumah Singgah Gratis bagi Pasien RS Hasan Sadikin Bandung

Mukhlis Dinillah - detikNews
Rengganis, Rumah Singgah Gratis bagi Pasien RS Hasan Sadikin Bandung Rengganis, rumah singgah gratis bagi pasien RS Hasan Sadikin Bandung. (Mukhlis Dinillah/detikcom)
Bandung - Rumah Singgah Humanis (Rengganis) resmi melayani warga Jawa Barat. Tempat tinggal sementara ini dikhususkan untuk warga Jabar yang tengah berobat jalan di Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) Bandung.

Inisiatif dibangunnya Rengganis ini muncul karena adanya keluhan dari warga pelosok Jabar yang tengah berobat jalan di RSHS Bandung. Mereka kebingungan ketika harus tinggal sementara sewaktu menunggu berobat lanjutan pada hari berikutnya.


Alasannya, jarak tempuh dari rumah ke RSHS Bandung membutuhkan waktu lama dan biaya tak sedikit, sehingga mereka harus memaksakan diri menetap sementara di Bandung untuk melanjutkan pengobatan ketimbang pulang dulu.

"Nah, biasanya kesusahan, tidak punya uang untuk nginap di hotel, atau kalau menggelandang juga tidak baik bagi pasien. Kami hadirkan sebuah solusi datang ke tempat ini gratis, nanti menginap di sini sesuai keperluannya untuk hari esoknya datang lagi ke RSHS berobat, kemudian baru kembali ke daerahnya," ucap Gubernur Jabar Ridwan Kamil seusai peresmian Rengganis di Jalan Wastukencana No 73, Kota Bandung, Selasa (20/8/2019).


Ia menuturkan Rengganis memanfaatkan aset Pemprov Jabar berupa bangunan sejarah (heritage) yang dipercantik agar nyaman ditinggali. Sejumlah fasilitas, seperti 28 kasur, ruang bermain anak, dan dapur hingga ruang tamu tersedia di Rengganis.

"Yang datang ke sini juga nanti ada layanan psikososial. Kalau dia butuh curhat karena stres, karena galau apa, selain menginapnya juga ada tim kemanusiaan yang hadir," ucapnya.

Rengganis, Rumah Singgah Gratis Bagi Pasien RS Hasan Sadikin BandungFoto: Mukhlis Dinillah
Menurutnya, warga yang ingin mengakses layanan di Rengganis sangat mudah. Mereka tinggal menunjukkan keterangan dari RSHS Bandung yang menjelaskan pasien diharuskan kembali berobat.

"Hanya minta surat rujukan saja untuk membuktikan bahwa pasien itu perlu datang lagi, tidak bisa di satu hari kan. Setelah surat rujukan dari RSHS, barulah kita proses," tutur dia.

Rengganis, Rumah Singgah Gratis Bagi Pasien RS Hasan Sadikin BandungFoto: Mukhlis Dinillah
Dia menjelaskan pengoperasian Rengganis ini didukung berbagai pihak. Hal ini menunjukkan keberhasilan dalam implementasi kolaborasi pentahelix.

"Bahwa untuk mencapai salah satu tujuan pembangunan tidak harus 100 persen pemerintah lagi, pemerintah lagi, siapa saja bisa, ini membuktikan kita semua berkolaborasi," ujar RK.

Berdasarkan pantauan detikcom, Rengganis didesain nyaman untuk ditinggali. Total ada 20 ruangan di bangunan heritage tersebut. Lokasinya strategis karena tak jauh dari RSHS Bandung.



Tonton juga 'Ridwan Kamil soal Wacana Pindah Ibu Kota Provinsi: Bukan Curi Adegan':

[Gambas:Video 20detik]


(mud/tro)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com