detikNews
Selasa 20 Agustus 2019, 16:06 WIB

Polres Kuningan Tangkap 2 Residivis Pemilik 2 Ons Sabu

Sudirman Wamad - detikNews
Polres Kuningan Tangkap 2 Residivis Pemilik 2 Ons Sabu Polres Kuningan tangkap 2 residivis pengedar sabu-sabu. (Foto: Sudirman Wamad/detikcom)
Kuningan - Jajaran Satres Narkoba Polres Kuningan menangkap dua pelaku sindikat narkoba berinisial DK (28) dan ES (52). Kedua pelaku merupakan residivis kasus narkoba.

"Kita mengungkap jaringan besar peredaran narkoba jenis sabu di Kuningan. Total barang bukti seberat dua ons," kata Kapolres Kuningan AKBP Iman Setiawan di Mapolres Kuningan, Selasa (20/8/2019).


Iman mengatakan, awalnya anggota mengamankan pelaku berinisial DK di rumahnya di Kecamatan Kuningan, Kabupaten Kuningan pada Jumat (16/8/2019) lalu. Dari hasil penangkapan DK, kemudian kasus dikembangkan hingga berhasil menangkap ES pada Minggu (18/6/2019) di Tasikmalaya.

"Saat DK ditangkap, ES mengetahui kabar tersebut. ES kabur ke Kecamatan Cikalong, Tasikmalaya. Kita berhasil menangkap ES. Keduanya warga Kuningan," kata Iman.

Lebih lanjut, Iman mengatakan modus operandi sindikat tersebut menggunakan sistem tempel. Dari hasil pemeriksaan, kata Iman, pelaku DK mengaku disuruh oleh ES untuk mengambil sabu-sabu yang ditempelkan di tong sampah yang berada di ITC Cempaka Mas Jakarta Pusat.


"Pengakuannya barang itu di dapat dari tong sampah yang ada di kawasan ITC Cempaka Mas Jakarta Pusat. Proses penyelidikan dan pengembangan masih kita lakukan," katanya.

"Bisa jadi ada sel-sel pengedar dan bandar besar yang memasok barang bukti ini. Kita incar bandar besarnya lagi," ucap Iman.

Akibat perbuatannya pelaku dijerat Pasal 114 ayat 2 juncto Pasal 112 ayat 2 UU No 35 tahun 2009 dengan ancaman kurungan penjara minimal lima tahun dan maksimal seumur hidup. "Kedua pelaku ini merupakan residivis kasus narkoba dan obat-obatan," kata Iman.




Tonton Video Dor! Polisi Tembak Residivis Bandar Sabu di Makassar:

[Gambas:Video 20detik]


(tro/tro)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com