detikNews
Senin 19 Agustus 2019, 15:42 WIB

Tulis Konsumen 'Cina' di Struk, Kasir RM Ponyo Bandung Mengundurkan Diri

Mukhlis Dinillah - detikNews
Tulis Konsumen Cina di Struk, Kasir RM Ponyo Bandung Mengundurkan Diri Foto: Istimewa
Bandung - Seorang karyawan rumah makan Ponyo Malabar Bandung berbuat rasis dengan menuliskan 'cina' dalam struk transaksi konsumennya. Karyawan berinisial P ini akhirnya mengundurkan diri.

Peristiwa itu ramai dibahas di media sosial. Tampak postingan berupa struk transaksi konsumen itu di RM Ponyo dengan bertuliskan 'customer : cina'. Transkaksi itu terjadi pada Sabtu (17/8) pukul 17.33 WIB. P menjadi kasir RM Ponyo tersebut.

HRD Ponyo Malabar Bandung Aldi mengatakan sudah memberikan peringatan keras terhadap karyawannya tersebut. Hal tersebut setelah seorang konsumennya mengeluhkan perbuatan P.

"Memang dia baca struknya namanya ini, langsung komplain. Dia menyatakan ketidakenakannya, enggak nuntut apapun. Kita langsung beri surat peringatan untuk P," kata Aldi saat ditemui di RM Ponyo Malabar, Kota Bandung, Senin (19/8/2019).

Ia menuturkan P menerima peringatan yang diberikan manajemen RM Ponyo. Namun, P akhirnya memutuskan mengundurkan diri dari pekerjaannya sebagai kasir.

"Mungkin karena enggak enak jadi mengundurkan diri. Jadi bukan dipecat oleh kami," ungkap dia.

Ia menuturkan P tidak memberikan alasan utama membuat tulisan bernuansa SARA tersebut. Pihaknya yakin hal tersebut bukan dilakukan secara sengaja.

"Kalau saya rasa enggak (sengaja). Tapi saya enggak tau alasan nulis karena apa. Mungkin tidak sadar atau gimana. Nulis seenaknya dia," tutur dia.

Dia mengaku kaget persoalan tersebut viral di media sosial. Pasalnya, sambung dia, persoalan ini sudah selesai saat permintaan maaf disampaikan langsung kepada yang bersangkutan.

"Kami kaget jadi ramai di media sosial. Makanya kita juga buat klarifikasi melalui media sosial kami," ujar Aldi.




Tonton juga video Wujud Supermarket yang Punya Kasir Digital Berwujud Kuda Nil:

[Gambas:Video 20detik]


(mud/ern)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com