detikNews
Minggu 18 Agustus 2019, 16:57 WIB

Gorewal, Permainan Khas Warga Tasikmalaya Sambut HUT ke-74 RI

Deden Rahadian - detikNews
Gorewal, Permainan Khas Warga Tasikmalaya Sambut HUT ke-74 RI Permainan gorewal khas warga Tasikmalaya. (Foto: Deden Rahadian/detikcom)
Tasikmalaya - Kemeriahan HUT ke-74 Republik Indonesia terus berlangsung hingga Minggu, (18/08/19) ini. Seperti sejumlah anak dan dewasa di Kampung Tanjungmulang, Kelurahan Setiaratu, Kecamatan Cibeureum, Kota Tasikmalaya, Jawa Barat yang mengikuti permainan gorewal.

Permainan gorewal ini digelar di atas Sungai Cimulu yang mulai surut akibat kemarau panjang. Gorewal merupakan permainan yang membutuhkan keseimbangan tubuh. Peserta diwajibkan melintasi bambu yang dipasang diatas aliran sungai demi mendapatkan hadiah yang digantung di ujung.

"Seru berjalan di atas bambu, untuk dapat hadiah. Seperti yang mudah tapi sulit, butuh keseimbangan," ucap salah seorang peserta anak-anak bernama Yadi.



Meski tidak dilumuri pelicin seperti panjat pinang, namun bukan perkara mudah bisa mencapai ujung bambu dengan panjang sekitar 13 meter itu. Berulang kali peserta harus jatuh ke air karena tidak mampu mempertahankan keseimbangan.

Jatuhnya peserta ke sungai jadi hiburan tersendiri bagi penonton, bahkan tak jarang mengundang tawa. Meski begitu peserta kembali bangkit dan mengikuti lomba lagi.

"Lucu ketawa-ketawa lihatnya. Pemainya jatuh ke sungai karena sulit sih melintasi bambu itu. Kita senang, ini bentuk syukur kita atas kemerdekaan," ujar salah satu penonton Adji.

Gorewal, Permainan Khas Warga Tasikmalaya Sambut HUT ke-74 RIFoto: Deden Rahadian
Kegiatan gorewal ini dilaksanakan setiap tahun dalam peringatan HUT RI. Tujuannya, agar masyarakat memahami betapa beratnya mencapai kemerdekaan. Jangankan melawan penjajah yang hanya mengandalkan bambu runcing, berjalan di atas bambu saja demi satu bungkus hadiah sulitnya minta ampun.

Dalam perlombaan ini, bagi peserta yang bisa mencapai ujung bambu bisa gorewal atau menarik hadiah yang sudah terpasang seperti peralatan sekolah, peralatan dapur hingga uang tunai.
(tro/tro)


Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com