ADVERTISEMENT
detikNews
Jumat 16 Agustus 2019, 13:52 WIB

Pisah dengan Pangandaran, Pendapatan Wisata di Ciamis Kian Lesu

Dadang Hermansyah - detikNews
Pisah dengan Pangandaran, Pendapatan Wisata di Ciamis Kian Lesu Situ Lengkong Panjalu. (Foto: Dadang Hermansyah/detikcom)
Ciamis - Potensi pariwisata di Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, cukup melimpah terutama wisata alam. Namun berdasarkan catatan dari Dinas Pariwisata, pendapatan retribusi dari sektor wisata masih sangat minim bahkan sampai Agustus 2019 ini jauh dari target.

Seperti diketahui, selepasnya Pangandaran berpisah menjadi kabupaten sendiri, Ciamis tak lagi memiliki destinasi wisata andalan pantai. Sehingga Ciamis tak lagi punya pendapatan dari wisata itu. Sedangkan wisata alam dan wisata budaya sejarah yang ada tak cukup mendongkrak pendapatan.


Sedikitnya ada 5 destinasi wisata yang dikelola oleh Dinas Pariwisata Ciamis. Kelimanya adalah obyek wisata Ciung Wanara dari target Rp 60 juta baru tercapai Rp 27.260.000 atau 45,43 persen, objek wisata Astana Gede Kawali dari baru tercapai Rp 9.129.500 atau 65,21 persen.

Sementara Kolam renang Tirta Winaya dari target Rp 76 juta baru tercapai Rp 15.348.000 atau 20,19 persen, dari arung jeram target Rp 250.000 belum masuk menghasilkan. Sedangkan destinasi wisata andalan yakni Situ Lengkong Panjalu baru masuk Rp 227.631.000 dari target Rp 918.615.000 atau baru sekitar 25 persen.

"Ya pesimis target 100 persen tercapai, sampai Juli saja baru 29,99 persen atau sekitar Rp 358 juta dari total target Rp 1,19 miliar. Harusnya sampai Juli kemarin sudah lebih dari 50 persen," ujar Bendahara Penerimaan Dinas Pariwisata Ciamis Solehan di kantornya, Jumat (16/8/2019).


Sementara itu, Kabid Destinasi Dinas Pariwisata Ciamis Budi Kurnia mengakui wisata Ciamis masih kurang dari sisi sarana prasarana dan rekreasi. Sangat diperlukan penataan dan memiliki wisata unggulan.

"Dua aspek ini kurang Ciamis. Apalagi lihat kondisi yang ada memang sepertinya sudah saatnya dilakukan penataan dan pembangunan. Saat ini belum bisa membangun dengan konsep ideal, dengan keterbatasan anggaran," ujar Budi.

Pisah dengan Pangandaran, Pendapatan Wisata di Ciamis Kian LesuFoto: Dadang Hermansyah
Mengatasi keterbatasan anggaran, pihaknya kini berupaya mengajukan proposal ke Kementerian Pariwisata dan Pemprov Jabar untuk penataan wisata Ciamis. Hasilnya di 2020 akan dilakukan penataan obyek wisata Situ Wangi di Kawali.

"Mudah-mudahan setelah penataan itu wisata Ciamis bisa meningkat dan pendapatan bisa mencapai target. Kita melihat pimpinan saat ini sudah mulai ke sana, memang tujuannya untuk menumbuhkan perekonomian dari sektor wisata," ucapnya.
(tro/tro)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed