ADVERTISEMENT
detikNews
Jumat 16 Agustus 2019, 08:11 WIB

Pesan Berantai Polisi yang Terbakar Saat Kawal Demo Meninggal, Hoaks!

Syahdan Alamsyah - detikNews
Pesan Berantai Polisi yang Terbakar Saat Kawal Demo Meninggal, Hoaks! Aksi mahasiswa yang menyebabkan polisi terbakar/Foto: Istimewa
FOKUS BERITA: Polisi Terbakar Api Demo
Cianjur - Sebuah pesan berantai yang mengabarkan informasi meninggalnya anggota polisi yang terbakar saat mengawal aksi demonstrasi mahasiswa pada Kamis (15/8/2019) tersebar. Pesan itu diterima sejumlah Whatsapp grup dan pemilik aplikasi pesan singkat tersebut.

Isi pesan sebagai berikut ; "Innalillahi wainailahi rojiun telah meninggal anggota dalmas yang di bakar adalah Babinkamtibmas kel bojongherang, semoga segala amal ibadah beliau di terima, diampuni segala dosa2nya dan dalam keadaan husnul khotimah, keluarga yang di tinggalkan di berikan kekuatan dan ketabahan, Aamiin YRA....🤲🏻🤲🏻😭😓"

Informasi yang diterima detikcom, pesan itu tersebar bukan hanya di Cianjur tapi juga hingga Sukabumi, Bandung dan Bogor. Sejumlah pengguna aplikasi perpesanan itu pun bertanya-tanya soal kebenaran informasi tersebut.

Kapolres Cianjur AKBP Soliyah memastikan pesan itu hoaks. Dia mengimbau masyarakat tidak mempercayai dan menyebar informasi apapun yang belum bisa dipastikan kebenarannya.

"Anggota saya masih perawatan berita MD (Meninggal Dunia) hoaks," tegas Soliyah melalui pesan singkat kepada detikcom, Jumat (16/8/2019).

Soliyah berharap seluruh masyarakat untuk bersama-sama mendoakan kesembuhan personelnya yang saat ini masih mendapat penanganan medis di RS Kramat Jati, Jakarta.

"Saya berharap agar masyarakat semua mendoakan anggota saya dengan tulus untuk kesembuhan dan segera dipulihkan," imbuh dia.

Terkat perkembangan proses penyelidikan kaitan insiden itu, Soliyah mengaku akan tetap profesional sesuai dengan aturan hukum yang ada.

"Kita proses, kita periksa, kita gelar penyelidikan dalam tahapan profesional. Untuk perkembangannya sendiri bisa rekan-rekan konfirmasi ke Pak Kabid Humas Polda Jabar (Kombes Pol Trunoyudo Wisnu Andiko)," tandas dia.

Dari empat anggota polisi yang terbakar, Aiptu Erwin Yudha, Bhabimkamtibmas Polsek Cianjur Kota, yang paling parah mengalami luka bakar. Ia kini dirawat di RS Kramat Jati.
(sya/ern)
FOKUS BERITA: Polisi Terbakar Api Demo
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed