detikNews
Kamis 15 Agustus 2019, 20:34 WIB

Ribuan Bendera Merah-Putih Berkibar di Gedung Perundingan Linggarjati

Sudirman Wamad - detikNews
Ribuan Bendera Merah-Putih Berkibar di Gedung Perundingan Linggarjati Ribuang bendera merah-putih berkibar di Gedung Perundingan Linggarjati, Kabupaten Kuningan. (Foto: Sudirman Wamad/detikcom)
Kuningan - Ribuan bendera merah-putih berkibar di Gedung Perundingan Linggarjati, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat. Pemasangan ribuan bendera itu atas inisiatif masyarakat dalam menyambut HUT RI ke-74. Gerakan Gebyar 10001 Bendera namanya.

Ribuan bendera merah-putih yang berkibar di halaman Gedung Perundingan Linggarjati itu memberikan kesan kuat rasa cinta tanah air. Tak sedikit masyarakat yang tertarik untuk berswafoto. Sama dengan temanya, di setiap sudut tempat ini nantinya terdapat 10.001 bendera merah-putih yang berkibar.


Salah seorang penggagas Gerakan Gebyar 10001 Bendera Hana Nining mengatakan, berkibarnya ribuan bendera merah-putih merupakan bentuk nasionalisme masyarakat Kuningan terhadap Indonesia. Selain itu, gerakan ini merupakan salah satu bentuk edukasi terhadap masyarakat.

"Alhamdulillah partisipasi dari masyarakat luar biasa. Kita ini swadaya, dari pemerintah dan masyarakat," kata Nining saat berbincang dengan detikcom di Gedung Perundingan Linggarjati, Kabupaten Kuningan, Jabar, Kamis (15/8/2019).


Nining menyebut, saat ini jumlah bendera yang berkibar sekitar 6.000 bendera. Nining tak mematok target jumlah bendera yang dikibarkan. Proses pemasangan bendera merah-putih di Gedung Perundingan Linggarjati itu akan dilakukan hingga akhir Agustus mendatang.

"Targetnya sebanyak-banyak, masih banyak yang belum terpasang. Sejak 2016 kita mulai menggalakan gerakan ini," kata Nining.

Sambut Kemerdekaan, Ribuan Bendera Merah-Putih Berkibar di LinggarjatiFoto: Sudirman Wamad
Lebih lanjut, Nining menjelaskan tentang makna 10.001 bendera merah-putih. Menurutnya hal itu merupakan simbol kemajemukan Indonesia.

"10.001 itu hanya simbol, ya simbol kebhinekaan. Kita ini Indonesia, beragam suku, adat, budaya dan lainnya. Kita harus bersatu. Kalau target kita ya sebanyak-banyaknya mengibarkan bendera," katanya.

Selain itu, Nining menyebutkan alasan dipilihnya Gedung Perundingan Linggarjati adalah karena tempat tersebut merupakan tempat bersejarah bagi Indonesia. Tempat di mana tercetusnya kesepakatan dan pengakuan terhadap kemerdekaan Indonesia.

"Ini tempat berharga bagi Indonesia, tempat bersejarah bagi kemerdekaan Indonesia. Kita memberitahu kepada semuanya bahwa ada Linggarjati loh," katanya.

Sambut Kemerdekaan, Ribuan Bendera Merah-Putih Berkibar di LinggarjatiFoto: Sudirman Wamad
Di tempat yang sama, pengelola Gedung Perundingan Linggarjati Sukardi mengatakan pemasangan ribuan bendera merah-putih memiliki imbas positif terhadap kunjungan wisatawan. "Ya Alhamdulillah ada kenaikan kalau ada pemasangan bendera ini. Karena banyak yang foto-foto di sini," kata Sukardi.

Senada disampaikan Nining. Sukardi mengatakan gerakan tersebut merupakan bentuk implementasi terhadap cinta tanah air.

"Ribuan bendera ini simbol keberagaman, kita harus menyatu. Ini simbol kebhinekaan. Tidak ada perbedaan," ucapnya.
(tro/tro)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed