detikNews
Kamis 15 Agustus 2019, 16:43 WIB

Detik-detik Polisi Cianjur Terbakar Hidup-hidup Saat Kawal Demo Mahasiswa

Dony Indra Ramadhan - detikNews
Detik-detik Polisi Cianjur Terbakar Hidup-hidup Saat Kawal Demo Mahasiswa Foto: Dony Indra Ramadhan
FOKUS BERITA: Polisi Terbakar Api Demo
Cianjur - Tiga anggota Polres Cianjur mengalami luka bakar saat kawal demo mahasiswa di depan Pemkab, Kamis (15/8/2019). Aiptu Erwin, Bhabinkamtibmas Polsek Kota Cianjur mengalami luka bakar paling parah. Sekujur tubuhnya dilalap api. Ia berguling-guling di aspal sambil berteriak kesakitan.

Peristiwa tersebut terjadi saat Erwin mengamankan jalannya demo mahasiswa ke Gedung DPRD Kabupaten Cianjur, Kamis (15/8/2019) siang. Awalnya demo yang diikuti 50 orang tersebut berjalan tertib namun berujung ricuh lantaran massa gagal menemui anggota dewan.

"Mereka melakukan aksi pembakaran ban sekitar pukul 13.00 WIB. Sebelum pembakaran, dilakukan aksi penutupan jalan terlebih dahulu," ucap Kabid Humas Polda Jabar Kombes Trunoyudo Wisnu Andiko di Mapolrestabes Bandung, Jalan Jawa, Kota Bandung, Kamis (15/8/2019).

Massa lalu melakukan pembakaran ban di sekitar lokasi aksi. Di saat itu, Erwin yang tengah berjaga berusaha memadamkan api tersebut. Namun tiba-tiba, ada seseorang dari massa yang menyiramkan minyak ke tubuh Erwin.

"Polri melakukan pengamanan dan juga menjaga ketertiban dan keamanan untuk lebih tertib dan aman. Maka anggota atas nama Aiptu Erwin melakukan pemadaman api. Pada saat pemadaman api, ada salah satu oknum menyiram yang bersangkutan dengan bahan bakar atau minyak yang mudah terbakar. Sehingga kondisi Aiptu Erwin terbakar dan saat ini sedang dalam penanganan medis," kata dia.

Api lantas menyambar tubuh Erwin. Anggota polisi lain Bripda Yudi Muslim dan Bripda FA Simbolon dari Sabhara Polres Cianjur berupaya memadamkan api. Namun keduanya juga ikut terbakar.

"Jadi ada tiga orang yang mengalami luka bakar. Info sementara (Erwin) luka bakar 80 persen tapi nanti untuk lebih jelas tim medis. Kondisinya sadar dan dua orang yang lain juga terbakar dan kondisinya sadar," kata Truno.



Tonton juga video Demo Berujung Keributan di Malang, Sejumlah Jalan Ditutup:

[Gambas:Video 20detik]


(dir/ern)
FOKUS BERITA: Polisi Terbakar Api Demo
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed