ADVERTISEMENT
detikNews
Rabu 14 Agustus 2019, 15:40 WIB

Sambut HUT RI, Komunitas Ontel Keliling Bandung

Fadil Muhammad - detikNews
Sambut HUT RI, Komunitas Ontel Keliling Bandung Pegiat sepeda tua ini rutin berkumpul setiap Rabu di depan Gedung Merdeka, Jalan Asia Afrika, Kota Bandung. (Fadil Muhammad/detikcom)
Bandung - Sekelompok pria berpakaian ala pejuang Indonesia berkumpul di Gedung Merdeka, Jalan Merdeka, Kota Bandung. Diiringi alunan musik band legendaris The Beatles dan Koes Plus, mereka berdiri di depan barisan ontel yang terpasang Merah-Putih.

Kelompok ini bernama Grup Ulin. Mereka masih bagian dari komunitas ontel terbesar di Indonesia, yaitu Paguyuban Sapedah Baheula Bandung, yang terbentuk sejak 2005.

Menyambut HUT ke-74 Republik Indonesia, Ali Sugianta (63), koordinator Grup Ulin, bersama rekan-rekannya berkeliling Bandung sambil berdandan seperti pejuang kemerdekaan. Mereka tampil bertopi serta menyematkan logo bendera Indonesia. Ontel dihiasi berbagai bentuk bendera Indonesia.

"Kumpul jam delapan, jam sebelas kita keliling (pakai sepeda). Kebetulan juga ada teman kami yang sakit di Bandung Selatan, kita akan menengok," tutur pria berkacamata hitam tersebut, Rabu (14/8/2019).

OntelKelompok ini bernama Grup Ulin. Mereka masih bagian dari Paguyuban Sapedah Baheula Bandung. (Fadil Muhammad/detikcom)
Ali dan komunitasnya menitipkan pesan untuk warga Indonesia bertepatan HUT ke-74 Republik Indonesia pada 17 Agustus mendatang. "Mudah-mudahan Indonesia lebih bersatu. NKRI harga mati," ucap Ali.

Ia menjelaskan anggota Komunitas Paguyuban Sapedah Baheula terdiri atas berbagai kalangan, mulai anak SD hingga pensiunan berumur 80 tahun. Untuk mengisi kegiatan di luar komunitas sepeda, mereka membentuk sebuah grup tersendiri.

Pegiat sepeda tua ini rutin berkumpul setiap Rabu di depan Gedung Merdeka. Anggota Grup Ulin dinaungi sejumlah pensiunan yang tersebar di berbagai penjuru Bandung.



Unik! Petani di Banyuwangi Gelar Lomba Balap Traktor Peringati HUT RI:

[Gambas:Video 20detik]


(bbn/bbn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed