detikNews
Selasa 13 Agustus 2019, 18:07 WIB

Demi Biaya Anak Sekolah, Pendongeng Indramayu Jalan Kaki Temui Jokowi

Luthfiana Awaluddin - detikNews
Demi Biaya Anak Sekolah, Pendongeng Indramayu Jalan Kaki Temui Jokowi Pendongeng asal Indramayu berjalan kaki ingin curhat langsung kepada Jokowi soal terkait pendidikan anaknya. (Luthfiana Awaluddin/detikcom)
Karawang - Sudah sebelas hari Samsudin berjalan kaki dari Indramayu. Pria yang kerap mendongeng untuk anak-anak itu ingin ke Jakarta bertemu dengan Presiden Jokowi untuk curhat soal sekolah anaknya.

"Saya harap, setelah saya bertemu Presiden, anak saya bisa melanjutkan sekolah," kata Samsudin kepada wartawan saat beristirahat di sebuah kedai kopi di Karawang, Selasa (13/8/2019).


Samsudin tak hanya berjalan kaki. Setiap singgah di suatu tempat, ia kerap mendongeng untuk anak-anak. Menggunakan media wayang terbuat dari kardus, mantan guru honorer itu kerap berkisah tentang hewan langka.

"Saya ingin anak-anak Indonesia mencintai binatang, apalagi binatang langka, supaya bisa mencegah binatang dari kepunahan," harap Samsudin.

Demi Biaya Anak Sekolah, Pendongeng Indramayu Jalan Kaki Temui JokowiFoto: Luthfiana Awaluddin
Motivasi Samsudin tak lepas dari keinginan sekolah putrinya yang bernama Sofia. Duduk di bangku SMP, Sofia terancam tak bisa melanjutkan sekolah. "Kami kesulitan biaya. Kami berharap ada donatur yang memberikan beasiswa untuk bersekolah anak saya," ucap Samsudin.

Ia bercerita Sofia punya prestasi mentereng. Pada Olimpiade Sains Nasional (OSN) di Yogyakarta beberapa waktu lalu, kata Samsudin, anaknya menyabet medali perunggu. "Sayang jika potensi anak saya pupus karena kekurangan materi," tuturnya.


Sebagai relawan pendongeng, Samsudin mengakui penghasilannya tak mencukupi untuk membiayai sekolah putri semata wayangnya di sebuah sekolah swasta di Kuningan. "Mudah-mudahan ikhtiar saya membuahkan hasil," kata dia.

Upaya Samsudin tak bisa dipandang sebelah mata. Ia mengaku telah keliling Indonesia untuk mendongeng. Sudah 14 provinsi ia kunjungi untuk kampanye soal binatang langka melalui media dongeng.




Tonton Video Temui Jokowi, Khofifah Minta Dibuatkan Exit Toll Baru di Jatim:

[Gambas:Video 20detik]


(tro/tro)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com