Sejumlah Titik Kebakaran di Puncak Gunung Ciremai Mulai Padam

Sejumlah Titik Kebakaran di Puncak Gunung Ciremai Mulai Padam

Sudirman Wamad - detikNews
Sabtu, 10 Agu 2019 15:18 WIB
Peta kebakaran di Gunung Ciremai. (Foto: Dok. BPBD Kuningan)
Peta kebakaran di Gunung Ciremai. (Foto: Dok. BPBD Kuningan)
Kuningan - Kebakaran melanda kawasan puncak Gunung Ciremai, tepatnya di sekitar pos pendakian Gua Walet di ketinggian 2.590 meter di atas permukaan laut (mdpl) sejak Rabu (7/8) lalu. Hingga kini api masih belum bisa dipadamkan sepenuhnya.

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menerjunkan helikopter pembawa bom air untuk membantu proses pemadaman. Namun, karena medan yang sulit dan berkabut, helikopter tersebut hanya beroperasi di pagi hingga siang hari.


Kepala Badan Penanggulangam Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kuningan Agus Mauludin mengaku terbantu dengan adanya helikopter pembawa bom air itu. Bahkan, Agus menyebutkan beberapa titik api mulai ada yang padam.

"Proses pemadaman masih berlangsung, heli sudah beroperasi. Memang untuk Kuningan siang ini sudah ada titik api yang padam," kata Agus kepada detikcom, Sabtu (10/8/2019).

Saat disinggung mengenai lokasi titik api yang sudah padam, Agus mengaku belum mendapatkan laporan secara rinci. Ia juga mengaku kesulitan proses pemadaman masih sama, yakni kondisi angin yang kencang dan medan terjal.


Seperti diberitakan sebelumnya, kawasan puncak Gunung Ciremai sejak Rabu lalu mengalami kebakaran. Awalnya titik api berasal dari pos pendakian Apuy Majalengka, kemudian merembat ke pos pendakian Gua Walet Kuningan. Pada Jumat (9/8) kemarin, BPBD menaksir luas lahan yang terbakar sekitar 350 hektare.



Heli Water Bombing Siap 'Menyiram' Gunung Ciremai:

[Gambas:Video 20detik]

(tro/tro)