detikNews
Jumat 09 Agustus 2019, 17:11 WIB

Jualan Miras, Wanita Bos Bengkel Motor di Ciamis Masuk Bui

Dadang Hermansyah - detikNews
Jualan Miras, Wanita Bos Bengkel Motor di Ciamis Masuk Bui Polisi menyita barang bukti botol berisi minuman keras jenis ciu. (Foto: Dadang Hermansyah/detikcom)
Ciamis - DT (27), bos bengkel sepeda motor di Panumbangan, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, masuk bui gegara menjual minuman keras (miras) jenis ciu. Polisi menangkap wanita tersebut di dan menyita barang bukti 152 botol miras ciu.

"Ada 15 dus yang diamankan berjumlah 152 botol ukuran 600 mililiter. Tersangka ini membelinya dari Solo," ujar Kapolres Ciamis AKBP Bismo Teguh Prakoso di Mapolres Ciamis, Jumat (9/8/2019).


Tersangka DT berdalih jualan miras ciu untuk menambah penghasilan. Ia menjual dan mengedarkan miras ciu itu di bengkelnya.

Menurut Bismo, DT menjual miras ciu tersebut sejak dua bulan. Harga per botol ia beli seharga Rp 15 ribu, lalu dijual dengan harga Rp 20 ribu.

"Alasannya karena ekonomi, untuk menambah penghasilan. Miras ciu ini berbahaya untuk kesehatan bila dikonsumsi, karena tanpa ada sertifikasi, tidak jelas kandungan di dalamnya berapa persen alkohol dan campurannya," tuturnya.


Setelah mendapat informasi adanya penjualan miras, polisi langsung bertindak mengamankan DT. Bismo menegaskan tak ingin kecolongan ada warga yang meninggal gegara efek miras tersebut. Serta mencegah aksi kriminalitas dan kenakalan remaja yang dipicu miras.

Kini DT dititipkan di Lapas Ciamis. Ia terancam disangkakan melanggar Pasal 204 KUHPidana jo Pasal 62 UU RI Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen. "Tersangka terancam hukuman lima hingga 15 tahun penjara," ucap Bismo.



Tonton Video 4 Rumah Pembuat Miras Digerebek, Ratusan Liter Disita:

[Gambas:Video 20detik]


(bbn/bbn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com