detikNews
Jumat 09 Agustus 2019, 10:19 WIB

Lihat Rekonstruksi Pembunuhan-Pemerkosaan, Ibu Korban: Kami Tegar

Syahdan Alamsyah - detikNews
Lihat Rekonstruksi Pembunuhan-Pemerkosaan, Ibu Korban: Kami Tegar Rekonstruksi kasus pembunuhan dan pemerkosaan yang dilakukan oleh sopir angkutan di Sukabumi. (Syahdan Alamsyah/detikcom)
Sukabumi - RH (25), pelaku pembunuhan dan pemerkosaan AU (22), alumni D3 IPB, terisak saat melakoni adegan rekonstruksi di Jalan Baru Sukaraja, Pasir Halang, Sukabumi. Sopir angkutan umum rute Bogor-Cianjur itu terisak saat proses rekonstruksi digelar.

Ada belasan adegan yang direka ulang. Mulai AU naik angkutan dari Ciawi, dibekap, dan berakhir dengan pemerkosaan yang berujung pada dicekiknya korban hingga tewas.

"Istighfar, kamu, istighfar," ungkap seorang petugas yang mengarahkan proses rekonstruksi sesuai BAP.


Kepada detikcom, Kapolresta Sukabumi AKBP Susatyo Purnomo menjelaskan rekonstruksi akan digelar di dua lokasi, yakni Jalan Baru dan tepi sawah Jalan Sarasa, tempat pelaku membuang jasad korban.

"Kita lakukan pengamanan ketat karena warga banyak yang menonton prosesnya. Rencana ada sekitar 22 adegan yang akan digelar. Kita ingin mencocokkan keterangan pelaku dengan proses reka ulang," kata Susatyo.


Pantauan detikcom, banyak warga yang melihat rekonstruksi tersebut. Selain warga, ibunda korban, Masriah (40), terlihat hadir melihat langsung proses tersebut. Meskipun terlihat tegar, Masriah beberapa kali terisak melihat langsung tersangka pelaku pembunuhan anaknya.

"Kami tegar, kami tabah, dan menyerahkan seluruh prosesnya kepada pihak kepolisian. Kami hanya ingin pelaku dihukum berat atas perbuatannya," tuturnya.


Tonton video Pembunuhan Mahasiswi Amelia Terkuak, Pelaku Sopir Angkot!:

[Gambas:Video 20detik]


Lihat Rekonstruksi Pembunuhan-Pemerkosaan, Ibu Korban: Kami Tegar

(sya/tro)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com