Beredar Kabar Gedung BEC Runtuh Pasca Gempa, Polisi: Hoaks

Mukhlis Dinillah - detikNews
Jumat, 02 Agu 2019 21:19 WIB
Foto: Screenshot viral di medsos
Bandung - Beredar kabar Gedung Bandung Elektronik Center (BEC) runtuh karena gempa bermagnitudo 7,4 yang berpusat di Banten. Kapolsek Sumur Bandung Kompol Ari Purwanto memastikan kabar tersebut tidak benar alias hoaks.

Foto yang beredar di Whatsapp Grup (WAG) pasca kejadian gempa yang juga terasa di Kota Bandung itu memperlihatkan keramaian pengunjung di depan Gedung BEC dengan bangunan yang terlihat miring. Foto tersebut dilengkapi keterangan 'BEC Bandung Runtuh'.

"Haox itu," singkat Ari saat dihubungi via pesan singkat, Jumat (2/8/2019).

Dihubungi terpisah, Kabid Pemadaman dan Penyelamatan Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (Damkar PB), Kota Bandung, Ahmad Kurnia menegaskan kabar Gedung BEC tidak benar. Pihaknya juga tidak mendapat laporan berkaitan hal tersebut.

"Gak ada laporan masuk," kata Kurnia.

Ia mengaku juga mendapat foto serupa yang tersebar di WAG. Namun, ia memastikan foto tersebut hanya memperlihatkan keramaian pengunjung yang berhamburan keluar Gedung BEC karena terjadinya gempa.

"Itu hanya ramai-ramai karena gempa. Mereka keluar bangunan," jelas dia.

Soal bangunan yang terlihat miring, memang bentuk bangunan aslinya miring. Di sisi lain, beredar juga video yang memperlihatkan adanya retakan di dalam bangunan BEC Bandung. Namun, kebenaran video tersebut belum bisa dikonfirmasi ke pihak terkait.


Simak Juga 'Penjelasan BMKG Soal Gempa M 7,4 Banten':

[Gambas:Video 20detik]

(mud/ern)