Tangkuban Perahu Waspada, Ridwan Kamil Imbau Warga Taati Jarak Aman

Mukhlis Dinillah - detikNews
Jumat, 02 Agu 2019 12:38 WIB
Gubernur Jabar Ridwan Kamil saat meninjau Tangkuban Perahu/Foto: Yudha Maulana
Bandung - Status Gunung Tangkuban Perahu dinyatakan naik dari level I (normal) menjadi level II (waspada). Gubernur Jabar Ridwan Kamil (RK) meminta masyarakat waspada dan ikuti rekomendasi Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG).

"Saya kira hal ini sudah diantisipasi, pokoknya semua prosedur harus ditaati, sumber informasi datang dari lembaga vulkanologi," kata RK kepada wartawan di Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Kota Bandung, Jumat (2/8/2019).

Menurutnya erupsi yang terjadi di Gunung Tangkuban Perahu sebenarnya dampaknya tidak luas. Meski begitu, masyarakat harus tetap waspada dengan fenomena alam yang terjadi, sehingga perlu menaati jarak aman dari kawah.

"Harap diingat erupsi tangkuban perahu freatik ya, artinya bukan magmanya hanya atasnya saja. Gampang surut, tapi frekuensinya bisa sering. Ini mah hanya masalah kewaspadaan saja," ungkap dia.

Ia menegaskan akan mengikuti seluruh rekomendasi yang diberikan PVMBG mengenai Gunung Tangkuban Perahu. Termasuk menutup sementara pengoperasian taman wisata alam tersebut hingga dinyatakan aman dikunjungi.

"Ya (ditutup) kalau rekomendasinya itu segera menyesuaikan. Kalau sudah aman buka lagi," tutur dia.

RK mengungkapkan alasannya membuka lagi TWA Gunung Tangkuban Perahu kemarin. Evaluasi pada Rabu (31/7), aktivitas TWA Gunung Tangkuban Perahu dinilai sudah aman untuk dikunjungi lagi.

Meski pun pada akhirnya, di hari yang sama pada pukul 20.46 WIB, Gunung Tangkuban Perahu kembali erupsi. Terhitung hingga pagi ini, sudah terjadi delapan kali letusan.

"Ya berdasarkan data-data, pada saat hari rabu menyindikasikan semuanya aman. Kalau sekarang ada dinamika lagi menyesuaikan. Kan enggak bisa juga (didaki) ditutup selamanya, semuanya menyesuaikan dengan situasi," ujar RK.


Status Gunung Tangkuban Perahu Naik Jadi Waspada:

[Gambas:Video 20detik]

(mud/ern)