Drama Pengejaran Pria Kolor Ijo yang Ngamuk dan Meresahkan di Ciamis

Dadang Hermansyah - detikNews
Kamis, 25 Jul 2019 12:37 WIB
Pria kolor ijo ngamuk dan meresahkan warga di Ciamis. (Foto: Dadang Hermansyah/detikcom)
Ciamis - Seorang pria yang diduga gangguan jiwa (ODGJ) di Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, mengamuk dengan melempar batu kepada pengendara di Jalan Jendral Sudirman. Ada kejadian lucu ketika aksi kejar-kejaran berlangsung. Si pria masuk ke selokan dan cukup menyulitkan petugas.

Kejadian terjadi pada Kamis (25/7/2019) siang. Bermula saat pria tersebut berjalan di tengah jalan tepatnya sekitar Alun-alun, lalu mulai mengamuk dan melempar batu ke kendaraan yang melintas.


Karena dianggap meresahkan, warga langsung melaporkan ke Pos Polisi sekitar. Saat akan ditangkap, pria yang hanya mengenakan celana kolor pendek warna hijau, berbadan gempal dan kepala botak ini malah lari lalu loncat ke selokan dan bersembunyi di gorong-gorong yang berjarak sekitar 100 meter.

Warga yang semula takut, balik menjadi tertawa karena kejar-kejaran berlangsung lucu. Sejumlah warga pun langsung menghampiri ke lokasi tempat sang pria bersembunyi. Bahkan beberapa di antaranya memfoto dan video lewat kamera ponsel.

Drama Pengejaran Pria Kolor Ijo yang Ngamuk dan Meresahkan di CiamisFoto: Dadang Hermansyah
Tak lama kemudian datang petugas Satpol PP Ciamis untuk mengevakuasi pria tersebut. Petugas terlihat kesulitan, karena gorong-gorong cukup panjang sekitar 5 meter dengan diameter sekitar 1 meter. Tapi setelah satu jam berselang akhirnya pria tersebut keluar lalu diamankan Satpol PP Ciamis.

Saat berhasil diamankan pria tersebut sempat melepas celana kolor 'ijo' yang sebelumnya digunakan. Petugas pun meminta pria itu kembali mengenakan celananya. Namun karena longgar, petugas menalikan celana tersebut menggunakan rafia.


Saat ditanya anggota Satpol PP, pria yang diperkirakan berusia 50 tahunan ini mengaku berasal dari Cikatomas dan ingin pulang ke rumahnya. Satpol PP menggiring pria tersebut ke kantor sebelum diantarkan ke tempatnya berasal.

"Saya baru lihat orang gila ini, memang tadi berjalan di tengah jalan raya, lalu mengamuk dan membanting beberapa kendaraan yang lewat pakai batu. Lalu ada polisi yang mau nangkap tapi malah masuk gorong-gorong," ujar salah seorang juru parkir Tantan Herdiana di lokasi.

Drama Pengejaran Pria Kolor Ijo yang Ngamuk dan Meresahkan di CiamisFoto: Dadang Hermansyah
Tantan menuturkan, meski baru lihat pertama kali, tapi menurut warga lain pria tersebut sering meresahkan. Ia bersyukur petugas kepolisian dan Satpol PP langsung menindaklanjuti dengan cepat laporan dari warga.

"Memang sangat meresahkan, beruntung batu yang di lempar ke kendaraan tidak menyebabkan kecelakaan. Sekarang sudah ditangkap," ujar Tantan. (tro/tro)