Aria Bocah Obesitas Karawang Selesai Jalani Bedah Plastik Pertama

Mochamad Solehudin - detikNews
Rabu, 24 Jul 2019 18:02 WIB
Tim dokter RSHS selesai melakukan bedah plastik tahap pertama pada Aria, bocah obesitas asal Karawang. (Foto: Mochamad Solehudin/detikcom)
Bandung - Aria Permana (13) remaja yang sempat mengalami obesitas ekstrem asal Kabupaten Karawang berhasil menjalani operasi bedah plastik tahap pertama di Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) Bandung. Proses operasi tersebut berlangsung selama kurang lebih 5 jam.

Pada operasi tahap pertama ini, tim dokter bedah RSHS melakukan tindakan di bagian lengan kanan dan kiri. Operasi itu untuk menghilangkan bagian kulit yang menggelambir di kedua lengan Aria.


Ketua tim dokter bedah plastik RSHS Bandung Hardisiswo menjelaskan, Aria datang ke ruang operasi sekitar pukul 07.00 WIB. Kemudian tim dokter melakukan persiapan operasi seperti pembuatan desain dan anastesi sampai pukul 09.00 WIB.

"Proses operasi sendiri dimulai 09.30 WIB dan selesai jam 14.15 WIB. (Jalannya) operasi hampir lima jam," katanya usai proses operasi di RSHS, Rabu (24/7/2019).

Dia mengungkapkan, proses operasi berjalan lancar. Tim dokter sebanyak enam orang melakukan tahapan operasi dengan penuh kehati-hatian guna meminimalisir pendarahan pada tubuh Aria.

"Smooth saja jalannya, penuh kehati-hatian. Karena pembuluh darah (Aria) relatif besar dibandingkan anak 13 tahun lainnya. Karena (pembuluh darah) besar potensi mengeluarkan darah banyak kalau dibiarkan. Maka kita hentikan pendarahan supaya tidak banyak," ucapnya.


Pasca tindakan operasi yang dilakukan, kata dia, saat ini kondisi Aria relatif baik. Pernafasan berfungsi dengan baik dan sekarang Aria masih belum sadarkan diri karena sempat dilakukan pembiusan.

"Layar observasi semua berjalan normal. Nafas normal," ucapnya.

Dia menambahkan, untuk sementara Aria akan menjalani perawatan intensif di RSHS Bandung. Hal itu dilakukan untuk memantau kondisi kesehatan dan memastikan luka bekas operasinya bisa sembuh secara sempurna.

"Satu sampai dua minggu saya kira (akan dirawat di RSHS). Nanti diambil bekas jahitan, setelah bebas dari luka sudah semua (luka) tertutup baru boleh pulang. Awal-awal perlu kita agar ketat observasinya," katanya.


Sementara itu, untuk operasi tahap ke dua akan dilakukan tiga sampai enam bulan ke depan. Selain perlu menunggu kesembuhan seluruh luka pasca operasi tahap pertama juga memastikan kesiapan Aria menjalani operasi kembali.

"Tahap kedua sesuai urut-urutan prioritas membentuk bagian dadanya. Operasi selanjutnya 3-6 bulan mendatang tergantung kondisi Aria sendiri," ujarnya.



Simak Juga 'Buang Gelambir, Arya Bocah Obesitas Jalani Operasi Brapio Plastic':

[Gambas:Video 20detik]

(mso/tro)