detikNews
Senin 22 Juli 2019, 11:48 WIB

Pesisir Pantai Karawang Menghitam Tercemar Kebocoran Minyak Mentah

Luthfiana Awaluddin - detikNews
Pesisir Pantai Karawang Menghitam Tercemar Kebocoran Minyak Mentah Tumpahan kebocoran minyak membuat pesisir pantai di Karawang menghitam. (Foto: Luthfiana Awaluddin/detikcom)
Karawang - Pelancong diimbau tidak berkunjung ke sejumlah pantai di pesisir utara Kabupaten Karawang. Sebab ada tumpahan minyak mentah yang mengotori pantai yang berasal dari kilang Pertamina ONWJ.


Pantauan detikcom, minyak hitam kental nampak tercecer di Pantai Pisangan, Desa Cemarajaya, Kabupaten Karawang. Bau pekat minyak mentah menyeruak di sekitar pantai hingga tercium warga dan wisatawan yang berenang sejak Minggu 21 Juli kemarin. Sejumlah anak kecil yang sedang berenang kembali ke pantai dan tak meneruskan main air.

"Tiba-tiba beberapa anak kecil menepi, dia teriak-teriak bau minyak tanah," kata Uun (46) pengelola rumah makan seafood di Pantai Pisangan kepada detikcom, Senin, (22/7/2019).

Pesisir Pantai Karawang Menghitam Tercemar Tumpahan Minyak MentahFoto: Luthfiana Awaluddin
Hingga hari ini, tumpahan minyak tersebut belum dibersihkan. Uun juga mewanti-wanti supaya tidak dekat-dekat dengan tumpahan minyak. "Jangan berenang ke sini. Bau minyak," kata dia.

Namun sejumlah bocah nampak bermain-main di pantai. Dengan hari-hati, mereka menghindari tumpahan minyak itu saat bermain di pantai. "Enggak mau keinjek karena bau minyak," kata bocah tersebut

Pesisir Pantai Karawang Menghitam Tercemar Tumpahan Minyak MentahFoto: Luthfiana Awaluddin
Kapolres Karawang AKBP Nuredy Irwansyah Putra menuturkan minyak-minyak tersebut diduga berasal dari insiden kebocoran pipa di perairan utara Karawang. "Lokasi kebocoran di titik koordinat S 6 09 35" E 107 60'28," kata Nuredy melalui pesan singkat.

Bupati Karawang Cellica Nurrachadiana menuturkan bakal memanggil pihak Pertamina untuk meminta keterangan ihwal insiden tersebut. "Itu benar (kebocoran). Kemungkinan akan saya panggil yang bersangkutan Kamis besok. Tadi sudah koordinasi sama Lurah Sedari. Bahkan (tumpahan minyak) sudah sampai di wilayah Cemarajaya," kata Cellica.
(tro/tro)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com