detikNews
Senin 22 Juli 2019, 11:40 WIB

Pria Pembongkar Makam Ayah di Cianjur Diduga Idap Skizofrenia

Syahdan Alamsyah - detikNews
Pria Pembongkar Makam Ayah di Cianjur Diduga Idap Skizofrenia Wiharna di Panti Istana Komunitas Sehat Jiwa (KSJ) Cianjur. (Foto: istimewa)
Cianjur - Wiharna, warga Kampung Sukarajin, RT 1 RW 8, Desa Sukamekar, Kecamatan Sukanagara, Kabupaten Cianjur, nekat membongkar makam dan membopong jasad ayah kandungnya, Ali Sugandi. Keluarga memastikan pria 45 tahun itu gangguan kejiwaan.


Kini Wiharna berada di Panti Istana Komunitas Sehat Jiwa (KSJ) Cianjur. Tiga hari di tempat tersebut, Wiharna sempat mendapat pemeriksaan medis. Dokter menyebut bahwa Wiharna diduga mengidap skizofrenia. Skizofrenia adalah gangguan pada otak yang bisa mempengaruhi kejiwaan seseorang.

"Saat datang kondisinya kotor, malas mandi. Kemudian dia juga sering merasakan sesak napas dan kaku serta ngilu, itu ternyata hanya penyakit palsu yang memang kerap dialami penderita gangguan jiwa. Sempat mendapat pemeriksaan medis dan dia diketahui mengidap skizofrenia," kata Nurhamid Karnaatmaja, pengurus KSJ, saat dihubungi detikcom, Senin (22/7/2019).


Wiharna juga kerap mengobrol sendiri dan antisosial. Namun setelah tiga hari di Istana KSJ, sambung Nurhamid, kondisi mental Wiharna berangsur membaik.

"Antisosial ini terbentuk bukan karena dirinya sendiri, tapi dari lingkungan yang memang menjauhi dia. Ketika datang kita mandikan, kita temani ngobrol. Sekarang kalau berkomunikasi, dia merespons," tutur Nurhamid.

Untuk berapa lama Wiharna di Istana KSJ, Nurhamid menunggu kondisi kejiwaan pria tersebut benar-benar pulih. "Kami akan melakukan pendampingan, termasuk penanganan secara medis hingga nanti dia bisa kembali ke masyarakat," ucap Nurhamid.


Simak Video Pria Cianjur Bongkar Makam dan Bopong Jasad Ayah:

[Gambas:Video 20detik]


(sya/bbn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com