detikNews
Minggu 21 Juli 2019, 09:46 WIB

Jasad Ayah yang Dibopong Anaknya di Cianjur Sudah 1 Tahun Dikubur

Syahdan Alamsyah - detikNews
Jasad Ayah yang Dibopong Anaknya di Cianjur Sudah 1 Tahun Dikubur Pria yang membongkar makam dan membopong jasad ayahnya di Cianjur. (Foto: tangkapan layar Facebook)
Cianjur - Wiharna (45) nekat membongkar dan membopong jasad ayahnya, Ali Sugandi. Motif pembongkaran makam itu belum diketahui.

Kejadian tersebut berlangsung di Kampung Sukarajin, RT 1 RW 8, Desa Sukamekar, Kecamatan Sukanagara, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, Kamis (18/7). Video berdurasi 28 detik yang menampilkan pria membopong jasad sang ayahnya itu bikin geger jagat maya.


Polisi sudah menerjunkan anggotanya ke lokasi kejadian, termasuk memintai keterangan dari saksi mata yang mengetahui kejadian tersebut. Hasil keterangan saksi yang diperoleh polisi, ternyata jasad Ali sudah satu tahun dikubur.

"Itu jasad almarhum Ali Sugandi yang sudah meninggal setahun yang lalu," kata Kapolsek Sukanagara, AKP Cahyadi kepada detikcom, Minggu (21/7/2019).

"Pelaku penggalian dan yang mengambil jasad itu bernama Wiharna. Dia anak kandung almarhum," ia menambahkan.

Jasad Ayah yang Dibopong Anaknya di Cianjur Sudah 1 Tahun DikuburPolisi mendatangi lokasi pembongkaran makam di Sukanagara Cianjur. (Foto: DOK.Polsek Sukanagara)
Menurut Cahyadi, aksi Wiharna nekat menggali makam itu pertama kali diketahui oleh seorang ustaz di kampung tersebut. Saksi kemudian melaporkan hal tersebut ke ketua RW dan keluarga almarhum Ali Sugandi lainnya.

"Warga minta kita cepat datang, sampai di lokasi kita lakukan musyawarah. Sampai akhirnya disepakati jasad tersebut dimakamkan kembali di lokasi semula," ujar Cahyadi.
(sya/bbn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com