Diklaim Positif, Rekayasa Sukajadi-Setiabudi Bandung Bakal Permanen?

Mochamad Solehudin - detikNews
Kamis, 18 Jul 2019 15:12 WIB
Peta uji coba rekayasa jalan di Cipaganti, Sukajadi dan Setiabudi. (Foto: Dok. Humas Pemkot Bandung)
Peta uji coba rekayasa jalan di Cipaganti, Sukajadi dan Setiabudi. (Foto: Dok. Humas Pemkot Bandung)
Bandung - Uji coba rekayasa lalu lintas di Kawasan Jalan Sukjadi, Cipaganti dan Setiabudi telah digelar selama satu pekan. Uji coba tersebut diklaim berdampak positif.

"Berdasarkan laporan juga dengan sistem aplikasi. Setiap sore Dishub sama Polrestabes selalu melakukan evaluasi. Hasilnya relatif baik di kawasan yang kita rekayasa," kata Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana di Balai Kota Bandung, Kamis (18/7/2019).


Meski begitu, Yana mengakui masih ada beberapa hal yang perlu diperbaiki. Terutama di sekitar perempatan Jalan Cipaganti-Pasteur. Sebab di lokasi tersebut sering terjadi kepadatan kendaraan.

"Memang ada ekses saja. Masih itu, Cokro sama Pasteur. Itu (perlu) diseting time (waktu) TL (trafic light). Tadi pagi diseting dengan sistem supaya ideal," ucapnya.

Selain itu, kata Yana, masih ada warga yang belum mengetahui secara spesifik terkait rekayasa tersebut. Hal ini tentu menjadi kendala dan perlu adanya sosialisasi yang kuat ke masyarakat.

Apalagi lanjut dia, dalam perjalanannya masih ada beberapa hal yang terus diperbaiki. Mulai dari pengubahan beberapa hal terkait jalur lalu lintas yang diujicobakan.

"Kalau saya lihat warga yang belum paham, ini perlu diinformasikan updatenya," katanya.


Disinggung apakah rekayasa lalu lintas kawasan bisa dipermanenkan, Yana mengaku masih perlu menunggu hasil evaluasi secara menyeluruh dari Dishub dan Polrestabes Bandung. Tapi dia menyebut rekayasa yang dilakukan cukup baik.

"Saya harus lihat hasil forum LLAJ mereka lakukan evaluasi secara komprehensif. Tapi relatif baik tinggal dampak-dampak saja. Kalau saya lihat hasil dengan kawasan membaik saya pikir, memungkinkan. Tapi harus tunggu hasil evaluasi," ujarnya.

Simak Video "Tak Terima Ibunda Dianiaya, Pria di Bandung Barat Nekat Bacok Paman!"
[Gambas:Video 20detik]
(mso/tro)