Napi Lapas Gintung Cirebon Diduga Kendalikan Bisnis Narkoba

Sudirman Wamad - detikNews
Rabu, 17 Jul 2019 20:34 WIB
Ilustrasi penjara (Foto: REUTERS/Dario Pignatelli)
Cirebon - Selama dua pekan terakhir petugas Sat Narkoba Polresta Cirebon mengungkap lima kasus penyalahgunaan narkoba yang dikendalikan dari dalam Lembaga Pemasyarakatan (Lapas). Polisi sudah menangkap lima tersangka.

Kapolresta Cirebon AKBP Roland Ronaldy menyebutkan ke lima tersangka yang diamankan di antaranya BN, RA, WA, MA dan STL. Mereka, menurut Roland, mengaku mendapatkan barang haram dari bandar narkoba yang ada di dalam penjara.

"Total ada lima perkara kasus narkoba, kita amankan lima tersangka. Ke limanya dikendalikan dari Lapas Gintung Cirebon. Barang diduga didapatkan dari lima napi yang berbeda," kata Roland di Mapolresta Cirebon, Jalan Veteran, Kota Cirebon, Jawa Barat, Rabu (17/7/2019).

Kapolresta Cirebon AKBP Roland RonaldyKapolresta Cirebon AKBP Roland Ronaldy (Foto: Sudirman Wamad/detikcom)
Ia menyebutkan untuk total barang bukti yang disita dari lima perkara itu sebanyak 25 gram sabu-sabu. Roland tak menampik Polresta Cirebon kerap menangani kasus penyalahgunaan narkotik yang dikendalikan dari dalam penjara.

"Modus operandinya sama, transaksinya melalui sistem tempel. Jadi barang bukti dikirim melalui kurir kemudian ditempelkan di tempat yang telah ditentukan," ucap Roland.

Polisi tengah mengembangkan penyelidikan kasus tersebut. Polresta Cirebon berencana berkoordinasi dengan instansi lainnya guna membongkar peredaran narkoba yang dikendalikan dari dalam penjara.

"Memang dari beberapa perkara dikendalikan dari sana. Kita perlu koordinasi dengan BNN untuk kasus seperti ini," ujar Roland.

Simak Video "357 Napi dan 4 Petugas LP Pekanbaru Positif Corona"
[Gambas:Video 20detik]
(bbn/bbn)