Polisi Tangkap 36 Orang Pengedar-Pengguna Narkotik di Bandung

Dony Indra Ramadhan - detikNews
Rabu, 17 Jul 2019 17:19 WIB
Para tersangka penyalahgunaan narkotik. (Foto: Dony Indra Ramadhan/detikcom)
Bandung - Polisi menangkap 36 tersangka penyalahgunaan narkotik di Kota Bandung. Barang bukti di antaranya sabu ratusan gram berhasil disita petugas.

Pengungkapan dilakukan Satuan Reserse Narkoba Polrestabes Bandung yang dipimpin langsung Kasatnarkoba AKBP Irfan Nurmansyah. Ke-36 tersangka berasal dari 22 kasus yang diungkap polisi dalam waktu sepekan.

"Ada 22 kasus dengan total tersangka 36 orang," ucap Kapolrestabes Bandung Kombes Irman Sugema di Mapolrestabes Bandung, Jalan Jawa, Kota Bandung, Rabu (17/7/2019).

Ia menuturkan ke-36 orang ini terdiri dari 19 orang kurir dan 17 orang pengguna. Mereka ditangkap baik di jalanan Kota Bandung serta area indekos.

"Modus yang digunakan bermacam-macam mulai dari modus tempel, pengendalian dengan ponsel dan transaksi secara langsung," ujar Irman.

Polisi Tangkap 36 Orang Pengedar-Pengguna Narkotik di BandungKapolrestabes Bandung Kombes Irman Sugema memperlihatkan barang bukti. (Foto: Dony Indra Ramadhan/detikcom)
Dalam kasus ini, polisi berhasil mengamankan barang bukti dari mulai sabu-sabu hingga ponsel yang digunakan pelaku untuk bertransaksi. Barang bukti tersebut di antaranya 389,9 gram sabu paket kecil dan besar, 8,82 gram ganja, pil ekstasi 3 butir, puluhan ponsel dan 7 timbangan digital.

Polisi menjerat para pelaku dengan Undang-undang Narkotik. Bagi para kurir atau pengedar polisi jerat dengan Pasal 114 UU Nomor 35 Tahun 2009 dengan ancaman hukuman pidana seumur hidup. Sementara bagi para pengguna diganjar Pasal 112 atau Pasal 111 UU Nomor 35 Tahun 2009 dengan ancaman hukuman paling lama 12 tahun.

"Kita masih melakukan pengembangan untuk bisa menangkap tersangka lainnya," ujar Irman.

Simak Video "11 Orang Tewas dalam Baku Tembak Penggrebekan Narkoba di Brasil"
[Gambas:Video 20detik]
(dir/bbn)