detikNews
Rabu 17 Juli 2019, 15:18 WIB

Wagub Jabar Minta Tiap Daerah Bikin Aturan Soal Penarikan Zakat

Hakim Ghani - detikNews
Wagub Jabar Minta Tiap Daerah Bikin Aturan Soal Penarikan Zakat Foto: Dadang Hermansyah
Garut - Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum meminta setiap bupati dan wali kota untuk mengoptimalkan potensi zakat yang ada di daerah.

Uu mengatakan Pemprov Jabar akan mengeluarkan surat imbauan agar kepala daerah membuat sebuah aturan, bisa perbup atau perda yang memungkinkan pemerintah menarik zakat.

"Saya mengimbaunya kepada para wali kota dan bupati, tetapi kalau bupati ke masyarakat harus ada payung hukum," kata Uu keapda wartawan di Pendopo Garut, Kamis (17/7/2019).

Uu menjelaskan mengenai zakat, selain adanya dorongan pribadi dan faktor pemahaman agama, harus ada juga paksaan.

Uu mengatakan daerah di Jabar harus mencontoh Garut terkait optimalisasi zakat. Garut dapat Rp 2,5 miliar per bulan dari zakat. Pasalnya Garut punya peraturan daerah tentang pengeluaran zakat.

"Garut sudah terkumpul Rp 2,5 miliar per bulan dari zakat ASN. Kenapa tidak bupati dan walikota lainnya buat juga (Peraturan zakat)," katanya.

Realisasi zakat di Jabar tahun lalu mencapai Rp 26 triliun. Hampir setengah dari APBD Jabar sebesar Rp 40 triliun. Sedangkan zakat ASN di Pemprov Jabar per tahunnya mencapai Rp 300 miliar.

"Provinsi sudah ada namun masih perlu dioptimalkan," pungkas Uu.

Simak Video "Sultan Tidore ke Sukmawati: 1.000 Sukarno Tak Bisa Tandingi Rasulullah!"
[Gambas:Video 20detik]

(ern/ern)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com