detikNews
Rabu 17 Juli 2019, 12:13 WIB

Tabrak Pagar dan Tewaskan Bocah Penari, Sopir Bus Jadi Tersangka

Syahdan Alamsyah - detikNews
Tabrak Pagar dan Tewaskan Bocah Penari, Sopir Bus Jadi Tersangka Hani Shafiy Tsania Hasani (tengah). (Foto: istimewa)
FOKUS BERITA: Kabar Haji 2019
Sukabumi - Polisi menyelidiki insiden kecelakaan bus rombongan haji yang menabrak pagar hingga menewaskan Hani Shafiy Tsania Hasani (13) di Gedung Juang 45, Kota Sukabumi, Jawa Barat. Erfan, sopir bus Nuansa Ilham, itu ditetapkan sebagai tersangka.

Penetapan tersangka oleh polisi itu berdasarkan keterangan saksi dan bukti rekaman video detik-detik saat kejadian kecelakaan. "Dia (Ervan) adalah sopir bus cadangan yang berada di posisi paling belakang. Ketika tujuh kendaraan lainnya berhasil keluar, posisi bus terakhir yang dikemudikan tersangka ini salah perhitungan. Busnya mengambil posisi terlalu ke kanan sehingga menabrak mahkota atau pilar tembok dan menewaskan korban serta melukai empat korban lainnya" kata Kapolres Sukabumi Kota AKBP Susatyo Purnomo, Rabu (17/7/2019).


Erfan melanggar Pasal 310 ayat 4 junto Pasal 310 ayat 2 UU Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. "Intinya kecelakaan yang diakibatkan oleh kelalaian yang mengakibatkan korban meninggal dunia," kata Susatyo.

Susatyo menjelaskan kondisi fisik bus tidak ada masalah dan laik jalan. Sebelum kejadian kecelakaan maut tersebut, sambung dia, polisi dan personel Dishub Kota Sukabumi telah memeriksa bus.

"Kondisi bus layak, sebelum keberangkatan kemarin itu saya langsung memberikan arahan agar hati-hati menjaga jarak dan sebagainya namun ternyata akibat kelalaian sehingga terjadi insiden tersebut," tutur Susatyo.


Peristiwa itu terjadi Selasa (16/7), sekitar pukul 18.00 WIB. Satu per satu bus pergi meninggalkan lokasi pelepasan menuju Embarkasi Bekasi. Bus terakhir menabrak pagar.

"Semuanya ada delapan bus. Bus terakhir mau keluar dari gedung namun posisi bagian belakang terlalu ke kanan sehingga mepet pagar. Sementara kaca bagian belakang atas bus mengenai pilar atas pagar tembok," kata Hartanto, warga di sekitar lokasi kejadian.

Ratusan warga yang berada di sekitar lokasi kejadian panik. Terlebih seorang anak perempuan berseragam SD terjepit pagar. "Posisinya anak SD itu terhimpit pagar karena terdorong bagian belakang bus. Selain itu beberapa warga yang berada di dekat pagar juga tertimpa puing tembok pilar yang ambrol," ucap Hartanto.

Akibat kejadian itu, Hani Shafiy Tsania Hasani (13) tewas tergencet pagar yang ditabrak bus. Selain bocah penari tersebut, tercatat ada empat orang luka yaitu Dedeh (41), Yeni Rohayani (40), Rika (24), dan M. Hazka (3).


Ngeri! Bus Rombongan Haji Tabrak Pagar dan Tewaskan 1 Bocah:

[Gambas:Video 20detik]





Simak Video "Tangisan Sopir Bus Rombongan Haji yang Tewaskan Seorang Anak"
[Gambas:Video 20detik]

(sya/bbn)
FOKUS BERITA: Kabar Haji 2019
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com