detikNews
Selasa 16 Juli 2019, 10:37 WIB

Tahun Ajaran Baru, SDN di Tasikmalaya Hanya Punya 11 Murid

Deden Rahadian - detikNews
Tahun Ajaran Baru, SDN di Tasikmalaya Hanya Punya 11 Murid Foto: Deden Rahadian
Tasikmalaya - Sekolah Dasar Negeri Cikadongdong, Singaparna Tasikmalaya Jawa Barat mengalami kekurangan murid. Mereka hanya memiliki 11 murid kelas 1.

Meski kegiatan belajar mengajar sudah berlangsung sejak Senin (15/7/2019) kemarin, pihak sekolah masih terus membuka pendaftaran siswa baru untuk memenuhi kuota yang masih kosong.

"Sekolah kami kekurangan murid pak, hanya 11 orang. Kami masih buka pendaftaran siswa baru untuk mengejar kekosongan kuota idealnya 28 siswa pak," kata Kepala Sekolah SDN Cikadongdong Eti Kurniasih, Selasa (16/7/2019).

Kondisi ini ironis, sebab lokasi sekolah ini berada di perbatasan kota dan kabupaten Tasikmalaya yang sangat padat penduduk.
Hanya Punya 11 Murid Baru, SDN Tasikmalaya Tetap Buka Pendaftaran Foto: Deden Rahadian

Menurut Eti belum diberlakukannya sistem zonasi untuk sekolah dasar membuat warga memilih sekolah ke Kota Tasikmalaya.

"Selain itu banyak juga sekolah dasar (di sini) sementara usia anak sekolah masuk SD kurang," katanya.

Minimnya peminat ke SD Cikadongdong juga kemungkinan besar disebabkan fasilitas sekolah yang minim. Seperti siswa kelas 2, mereka terpaksa belajar di ruang perpustakaan. Mereka juga belajar dalam keadaan memprihatinkan karena harus di lantai tanpa alas apapun.

Selain kedinginan, siswa juga kurang konsentrasi karena posisi papan tulis lebih tinggi. Mereka harus menengadah untuk melihat guru atau sekedar mendapat penjelasan guru.

Pihak sekolah sudah mengajukan pembangunan gedung berkali kali namun belum mendapat respons dari pemerintah daerah.

"Memprihatinkan banget duduk dibawah kayak gini, sudah diajukan berkali kali enggak ada respons," ujar Vini Viantini, salahsatu guru.

Jika siswa mengeluh guru kerap memindahkan kegiatan belajar mengajar di ruang kelas satu. Namun siswa harus menunggu usai siswa kelas satu pulang sekolah.

Simak Video "Berburu Perlengkapan Sekolah Jelang Tahun Ajaran Baru"
[Gambas:Video 20detik]

(ern/ern)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com