detikNews
Senin 15 Juli 2019, 16:32 WIB

Wagub Jabar Ancam Beri Sanksi Bagi Sekolah yang Pelonco Siswa Baru

Yudha Maulana - detikNews
Wagub Jabar Ancam Beri Sanksi Bagi Sekolah yang Pelonco Siswa Baru Foto: Mochamad Solehudin
Cimahi - Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum akan memberikan sanksi tegas kepada sekolah, bila didapati aksi perpeloncoan pada Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS).

"Saya akan memberikan sanksi tegas, minimal (teguran) kepada kepala sekolahnya," ujar Uu saat ditemui di kantor BPSDM Jabar, Senin (15/7/2019).

MPLS atau masa orientasi siswa memang kerap diwarnai dengan aksi perpeloncoan. Biasanya dilakukan oleh oknum siswa senior kepada siswa baru di sekolah tersebut.

"Bagi sekolah yang melakukan kegiatan yang melanggar akan kami sanksi, karena jangan sampai ada korban jatuh dalam kegiatan ini," kata pria asal Tasikmalaya itu.

Kendati demikian, Uu yakin kasus perpeloncoan akan menurun tahun ini. Pasalnya, pihak Kemendikbud maupun Dinas Pendidikan telah melakukan berbagai upaya antisipasi.

"Hal ini sudah dilakukan sebelumnya, saya berharap MPLS di Jawa Barat bisa berjalan dengan lancar," ujarnya.

Uu pun menyambut baik dilibatkannya unsur TNI dalam MPLS tahun ini, baik di tingkat SD, SMP, SMA/SMK. Menurut Uu, kehadiran TNI akan memperkokoh sisi patriotisme siswa.

"Ada kabar yang masuk ke telinga kami, kalau siswa sudah ada yang memiliki paham- paham kelompok radikal, (adanya TNI) ini jadi antisipasi dini, terutama untuk melawan paham yang merongrong Pancasila," kata Uu.

Sebelumnya, pembinaan yang difokuskan pada pendidikan karakter nasionalisme siswa ini ditetapkan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Muhadjir Effendy 21 Juni 2019 lalu.

Simak Video "Orang Tua Rela Ikut Upacara di Hari Pertama Sekolah"
[Gambas:Video 20detik]

(ern/ern)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com