detikNews
Senin 15 Juli 2019, 15:54 WIB

Dipakai Petani untuk Pompa Air, Gas 3 Kg di Ciayumajakuning Langka

Sudirman Wamad - detikNews
Dipakai Petani untuk Pompa Air, Gas 3 Kg di Ciayumajakuning Langka Hamdani (Foto: Sudirman Wamad/detikcom)
Cirebon - Pertamina menambah pasokan gas elpiji 3 Kilogram di wilayah Kota Cirebon, Kabupaten Cirebon, Indramayu, Majalengka dan Kuningan (Ciayumajakuning).

Penambahan pasokan itu lantaran petani di wilayah tersebut banyak yang mengalihfungsikan gas elpiji 3 kg untuk bahan bakar pompa air saat musim kemarau seperti sekarang ini.

Sales Executive LPG Rayon X PT Pertamina Marketing Operation Region (MOR) III Jawa Barat-DIY Hamdani tak menampik pengalihfungsian gas elipiji tersebut mengakibatkan terjadinya kelangkaan gas elpiji 3 kilogram di masyarakat. Hingga saat ini belum ada regulasi terkat alih fungsi gas elipiji bersubsidi untuk bahan bakar pompa air.

"Elpiji bersubsidi yang ada sekarang memang peruntukannya untuk rumah tangga dan UKM, jadi belum ada regulasinya. Kalau ada peralihan penggunaan elpiji untuk lain, pasti menganggu stok. Kebutuhan elpiji menjadi meningkat," kata Hamdani di kawasan Jalan Siliwangi Kota Cirebon, Jabar, Senin (15/7/2019).

Hamdani mengatakan solusi untuk menangani kelangkaan elpiji bersubsidi karena penggunaannya dialihfungsikan adalah dengan menambah pasokan. Pertamina mengaku telah menggelentorkan 32 ribu tabung gas elpiji 3 kilogram untuk menangani kelangkaan gas yang ada di masyarakat.

"Penambahannya 100 persen dari stok reguler. Total penambahannya itu ada 32 ribu tabung, ini disalurkan selama empat hari di Ciayumajkuning. Penyaluran untuk stok reguler tetap jalan," kata Hamdani.

Lebih lanjut, Hamdani menerangkan penyaluran elpiji untuk kebutuhan bahan bakar pompa air sejatinya bisa dilakukan jika sudah regulasinya. Salahsatu contohnya adalah regulasi tentang konversi bahan bakar untuk perahu nelayan.

"Konversi bahan bakar gas untuk nelayan itu kan sudah diatur oleh kementerian terkait. Sehinga masuk dalam hitungan pasokan di kami (Pertamina). Itu kewenangan kementerian terkait regulasi, tugas kami adalah penyaluran saja disesuaikan dengan regulasi dan kebutuhan," ucapnya.

Simak Video "Pertamina, TNI dan Polri Gelar Simulasi, Antisipasi Kebocoran Pipa BBM"
[Gambas:Video 20detik]

(ern/ern)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed