Jurus Ridwan Kamil Gaet Wisatawan Mancanegera ke Pangandaran

Andi Nuroni - detikNews
Minggu, 14 Jul 2019 14:52 WIB
Komitmen Ridwan Kamil kembangkan pariwisata Pangandaran (Foto: Mukhlis Dinillah)
Pangandaran - Gubernur Jabar Ridwan Kamil berkomitmen memberi perhatian khusus terhadap pengembangan sektor pariwisata Kabupaten Pangandaran. Salah satunya mendorong penguatan Bandara Nusawiru di Kabupaten Pangandaran sebagai gerbang turis mancanegara.

"Bandara Nusawiru sedang akan kita kerja samakan, sehingga wisatawan ASEAN lewat Pulau Bintan (Kepulauan Riau) bisa langsung ke Pangandaran," ujar RK saat membuka ajang Pangandaran International Kite Festival (PIKF) 2019 di Kabupaten Pangandaran, Sabtu (13/7/2019).

Tahun ini, kata RK, Pemprov Jawa Barat juga telah mengalokasikan lebih dari Rp 80 miliar untuk penataan kawasan Pantai Barat dan Pantai Timur Pangandaran. Tak sampai di situ, ia menambahkan, saat ini juga pihaknya sedang memproses pengajuan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) di Pangandaran.

"Kedua kita akan melobi dan sedang proses KEK, luasnya lebih dari 200 hektare. Investasi akan berlipat-lipat dan saya prediksi tidak akan ada lagi pengangguran di Kabupaten Pangandaran," ujar dia.

Kepada Bupati Pangandaran Jeje Wiradinata, RK memastikan Pangandaran telah ditetapkan olehnya sebagai daerah prioritas pembangunan pariwisata di Jabar.

"Pak Bupati jangan khawatir, Pangandaran sudah kami canangkan jadi kabupaten nomor satu soal kepariwisataan, jadi tiap tahun selama saya menjabat, anggaran sudah saya sediakan," ujar RK.

Simak Video "Tempat Wisata Pangandaran Ditutup 10 Hari Akibat Lonjakan Kasus Corona"
[Gambas:Video 20detik]
(mud/mud)