detikNews
Sabtu 13 Juli 2019, 12:54 WIB

Weekend Pertama Rekayasa Jalan Sukajadi, Jalanan Lancar

Dony Indra Ramadhan - detikNews
Weekend Pertama Rekayasa Jalan Sukajadi, Jalanan Lancar Foto: Dony Indra Ramadhan
Bandung - Pemerintah Kota Bandung melakukan rekayasa jalur lalu lintas di kawasan Sukajadi. Hari ini, merupakan weekend pertama jalur rekayasa itu dilalui. Bagaimana kondisinya?

Pantauan detikcom pada Sabtu (13/7/2019) pukul 10.20 WIB, kondisi jalur rekayasa di Jalan Sukajadi tampak lengang. Kendaraan dengan lancar melaju satu arah ke arah Setiabudhi. Jalan Sukajadi sendiri dibuat searah ke arah Setiabudhi setelah sebelumnya dua arah.

Di jalan itu, tak terlihat adanya kepadatan kendaraan baik roda dua dan roda empat. Seluruh kendaraan maju dengan lancar. Sejumlah petunjuk arah terlihat terpasang di setiap titik belokan.

Dari Sukajadi, detikcom mengarah ke Cipaganti melewati Jalan Cemara. Meski jalurnya sempit, kendaraan masih bisa melintas dengan lancar. Di ujung Jalan Cemara, terdapat papan petunjuk jalan.

Di Jalan Cipaganti pun kondisi lalu lintas terpantau lengang. Jalan Cipaganti yang sebelumnya satu arah ke arah Setiabudhi, dibuat satu arah turun ke arah Jalan Dr Djunjunan (bawah fly over Pasupati). Berdasarkan pantauan, kendaraan tampak lancar melintasi jalur tersebut.

Dari Jalan Cipaganti, kendaraan tak bisa lurus di perempatan Cipaganti-Eyckman. Kendaraan dari Cipaganti dibelokkan ke arah perempatan Cihampelas. Petugas kepolisian dan Dinas Perhubungan Kota Bandung sudah bersiaga mengatur arus lalu lintas.

Dari pantauan memang ada beberapa titik kepadatan. Titik kepadatan itu rata-rata terjadi di setiap perempatan. Sebab kendaraan diatur mengantre untuk bisa lewat. Beberapa titik tersebut terlihat di perempatan Jalan Eyckman-Cipaganti dan perempatan Jalan Dr. Djunjunan-Sukajadi.

Meski terpantau lengang, masih ada warga yang kontra terhadap rekayasa lalu lintas ini. Salah satunya Usman (52). Warga Sukajadi ini mengaku dengan adanya rekayasa, jalur yang biasa dia lalui lebih jauh.

Usman tinggal di kawasan Sukagalih. Dia biasanya menggunakan jalur Sukajadi arah bawah untuk menuju ke berbagai tujuan. Namun kini, dia harus memutar ke arah Cipaganti terlebih dahulu.

"Saya biasanya kalau keluar jalan itu bisa langsung ke bawah, tapi sekarang harus ke atas dulu ke Cemara terus Cipaganti. Ya agak muter sih, kurang setuju," ucapnya saat ditemui di kawasan Cipaganti.

Usman menyarankan agar pemerintah mengkaji ulang rekayasa ini. Sehingga masyarakat sekitar Sukajadi tak kesulitan untuk bepergian mencari jalan.

"Ya kalau bisa dipikirkan lagi. Kasian warga yang biasanya gampang, jadi susah harus muter-muter," ujarnya.




Simak Video "Kejari Trenggalek Tahan Bos Media Surabaya"
[Gambas:Video 20detik]

(dir/ern)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed