detikNews
Jumat 12 Juli 2019, 14:50 WIB

Sopir Angkot Mogok, Protes Perubahan Jalur Jalan Sukajadi-Setiabudi

Shafira Tiana Putri - detikNews
Sopir Angkot Mogok, Protes Perubahan Jalur Jalan Sukajadi-Setiabudi Foto: Shafira Triana Putri
Bandung - Pengemudi angkot yang melintasi Jalan Sukajadi dan Setiabudi mogok, Jumat (12/7/2019). Mereka memarkirkan kendaraannya di sepanjang Jalan Pasirkaliki. Aksi ini sebagai bentuk protes terhadap rekayasa jalan yang diberlakukan kemarin, Kamis (11/7/2019).

Para pengemudi angkot menurunkan para penumpang di tengah jalan lalu memarkirkan kendaraannya di Jalan Pasirkaliki. Angkot yang melakukan aksi mogok antara lain jurusan Sukajadi-Ciroyom, Cibaduyut-Karangsetra, Margahayu-Ledeng, Kalapa-Sukajadi, Cicaheum-Ciroyom.

"Saya disuruh turun tadi sama sopir angkot gara-gara demo, terus saya naik angkot lagi. Eh, malah diturunin lagi sama sopir-sopir angkot yang lagi demo," keluh Sasa (21) penumpang angkot jurusan Margahuyu-Ledeng.

Salahsatu sopir angkot Ucok (63) menyatakan keberatan dengan perubahan rute yang ujicobanya diberlakukan kemarin. Menurutnya rute baru membuat bahan bakar cepat habis namun muatan sedikit.

"Perubahan rute sekarang ini buat bahan bakar habis, tenaga habis, tapi muatan sedikit. Angkot jadi banyak rugi dengan uji rekayasa ini," ujar Ucok yang melakukan aksi mogok sejal pukul 09.00 WIB.

Sekitar pukul 13.00 WIB, sejumlah anggota polisi dan Dishub Kota Bandung minta massa bubar. Akhirnya satu per satu sopir angkot meninggalkan lokasi.

Seperti diketahui, sejak kemarin diberlakukan rekayasa jalan. Jalan Sukajadi dari arah bawah mulai dari jalan Eyckman - Sukajadi menjadi satu arah sampai dengan Jalan Sukajadi- Jalan Setiabudhi

Jalan Sukawangi tidak bisa lurus masuk ke jalan Dr Sutami dan dibelok kanankan ke Jalan Sukajadi dan apabila kendaraan yang mengarah ke Jalan Sutami masuknya dari Jalan Karang Sari - Sukajadi dan belok ke kiri ke Jalan Dr Sutami seterusnya.

Jalan Bungur dari arah bawah mengarah ke Jalan Dr Sutami di satu arahkan dari Sukajadi - Bungur sampai dengan Bungur - Dr Sutami. Kendaraan dari arah timur jalan Dr Sutami tidak bisa belok ke kiri jalan Bungur dan diluruskan ke jalan Dr Sutami. Jalan Setiabudhi dari arah Utara di satu arahkan dari Setiabudi - Sukajadi sampai dengan Setiabudi - Cipaganti

Selain itu Jalur Cipaganti juga direkayasa yang semula kendaraan mengalir dari arah bawah Jalan Cipaganti mengarah Jalan Setiabudhi menjadi satu arah dari atas Jalan Setia Budhi - Cipaganti sampai dengan Cipaganti - Pasteur.


(ern/ern)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed