Peternak Sapi Sewa Lahan Perhutani untuk Stok Rumput Saat Kemarau

Yudha Maulana - detikNews
Senin, 08 Jul 2019 18:50 WIB
Peternak sapi sewa lahan Perhutani untuk stok pakan saat musim kemarau. (Foto: Yudha Maulana/detikcom)
Bandung Barat - Musim kemarau tak menghalangi para peternak sapi di Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bandung Barat (KBB) untuk mencari pakan ternak. Nana (46), salah seorang peternak sapi di Kampung Cisarua, Desa Kertawangi mengakali sulitnya mencari rumput dengan bekerja sama dengan Perhutani.

Ia bersama peternak sapi lainnya menanam rumput gajah yang menjadi pakan utama sapi di area seluas 3 hektare yang disewakan Perhutani. Dalam sehari, mereka bisa mengumpulkan 75 kilogram rumput segar.

"Daerah kami masih cukup subur, stok rumput gajah sebagai pakan utama sapi melimpah," kata Nana di Kertawangi, Senin (8/7/2019).


Cara ini ternyata lumayan efektif, apalagi sapi potong tergolong lebih mudah diberi makan dibandingkan sapi perah.

"Kalau sapi potong yang penting ada pakan utama yaitu rumput, kalau enggak ada, bisa diganti dengan jerami. Beda dengan sapi perah, pakannya lebih sulit, ditambah sapi perah wajib diberikan konsentrat," katanya.

Jika masih kekurangan rumput, peternak bisa menggantinya dengan dedaunan yang banyak tumbuh liar di hutan. "Selain rumput segar, sapi juga diberi tambahan pakan seperti ampas tahu, singkong," ujarnya.

Peternak Sapi Sewa Lahan Perhutani untuk Stok Rumput Saat KemarauFoto: Yudha Maulana

Gabungan Koperasi Susu Seluruh Indonesia (GKSI) mengakui jika musim kemarau berimbas pada berkurangnya pakan ternak sapi. "Pakan utama sapi adalah rumput, kalau rumputnya melimpah, peternak pasti akan sejahtera," kata Ketua GKSI Dedi Setiadi.

Terkadang peternak mengganti pakan sapi dengan jerami atau daun pisang, jika rumput segar tak tersedia. Hal itu berimbas pada menurunnya kualitas susu sapi.

Simak Video "Ternak Sapi di Tengah Padatnya Permukiman Jakarta"
[Gambas:Video 20detik]
(tro/tro)