detikNews
Sabtu 06 Juli 2019, 11:33 WIB

Pemkot Bandung Batalkan Rencana Potong TKD PNS

Dony Indra Ramadhan - detikNews
Pemkot Bandung Batalkan Rencana Potong TKD PNS Wali Kota Bandung Oded M Danial (Foto: Dony Indra Ramadhan/detikcom)
Bandung - Pemerintah Kota Bandung membatalkan rencana pemotongan tunjangan kinerja dinamis (TKD) Pegawai Negeri Sipil (PNS). Pemkot Bandung mengklaim APBD tahun 2019 yang sebelumnya defisit Rp 609 miliar sudah seimbang.

"Kan begini, terakhir itu kita masih ada rapat-rapat dan akhirnya ada diposisi Rp 47 miliar kekurangannya. Kita rapatkan lagi, kita tingkatkan lagi (pendapatan), saya juga mohon ke TAPD (tim anggaran pemerintah daerah) untuk meningkatkan pendapatan dari dinas terkait. Kemarin ketika saya mendapat laporan, ternyata alhamdulilah ada sebuah perkembangan baik. Jadi sekarang mah balik lagi ke nol," ucap Wali Kota Bandung Oded M Danial saat ditemui di Balai Kota Bandung, Jalan Wastukencana, Kota Bandung, Sabtu (6/7/2019).


Oded menuturkan permasalahan defisit ini diselesaikan dengan koordinasi bersama DPRD Kota Bandung. Pemkot dan DPRD mencari solusi terkait defisit anggaran tersebut.

"Ketika awal-awal rapat memang belum dapat solusi. Tapi setelah rapat dengan dewan, akhirnya ada solusi," ucapnya.

Oded menjelaskan solusi yang didapat berupa peningkatan PAD di beberapa dinas terkait. Selain itu, ada juga efisiensi anggaran pada sejumlah dinas. Oded menyatakan penyelesaian defisit ini pun tidak memotong rencana pembangunan di Kota Bandung.

"Ada peningkatan PAD dinas terkait. Kemudian efisiensi beberapa hal yang kemarin belum terlihat dalam rapat. Sekarang sudah balance," tuturnya.


Dengan penyelesaian ini, Oded berpesan kepada para PNS di Pemkot Bandung agar lebih giat lagi dalam bekerja.

"Saya berharap ASN Kota Bandung bersyukur karena memang ternyata hari ini perkembangan terakhirnya sudah seperti itu, patut bersyukur. Bentuknya bersyukur harus lebih meningkatkan kinerja," kata Oded.

Simak Video "Pemkot Bandung Akan Segera Buka Taman Tegalega"
[Gambas:Video 20detik]

(dir/bbn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com