Viral, Isi Perut Ikan Laut Berisi Bungkus Permen hingga Sendok Plastik

Syahdan Alamsyah - detikNews
Jumat, 05 Jul 2019 18:01 WIB
Foto: Tangkapan video viral perut ikan laut berisi limbah plastik
Sukabumi - Viral sebuah video yang memperlihatkan isi perut ikan mahi-mahi berisi berbagai limbah plastik. Bahkan sendok plastik warna putih yang masih utuh ditemukan di dalam perut ikan.

Video itu dibagikan oleh akun instagram @volunteersindo yang kemudian dibagikan ulang oleh akun Instagram @infia_fact dan mendapat ribuan komentar dan ratusan ribu kali tayang dari followers akun tersebut.

Anna Nurjanah, pemilik akun instagram @volunteersindo mengaku video itu diambilnya pada akhir Mei lalu. Ibu rumah tangga sekaligus pegiat lingkungan itu mengatakan ikan mahi-mahi dibelinya dari pasar nelayan di Ujunggenteng, Sukabumi.

"Saat itu aisten rumah tangga saya manggil-manggil, bu katanya ada sesuatu di perut ikan. Pas saya cek ternyata ada bungkus permen, ketika dibelek lagi ada sendok plastik dan benda-benda lainnya," kata Anna melalui sambungan telepon, Jumat (5/7/2019).

Total ada 8 benda plastik yang diambil dari dalam perut ikan berukuran lebih 80 sentimeter itu. Di antaranya sendok plastik,bungkus cairan pengharum, plastik makanan ringan, bungkus permen, tali plastik keras berbentuk pipih, benda bulat berbahan plastik dan serpihan bungkus makanan ringan.

"Rasa ikan itu memang enak, saya kurang tahu pasti apakah itu habitatnya memang dari perairan Sukabumi atau darimana tapi yang pasti itu memang tangkapan nelayan lokal," lanjut Anna.

Anna mengaku prihatin dengan temuannya itu, dia sengaja membagikan video itu sebagai bentuk edukasi agar tidak ada lagi warga yang membuang sampah hingga mengotori lautan.

"Rasanya sedih, prihatin campur aduk semua benda-benda yang dikeluarkan dari perut laut itu masih saya simpan sampai saat ini," lirihnya.




Simak Juga 'Menyelam 11 Km di Dasar Laut, Ketemunya Kantong Plastik':

[Gambas:Video 20detik]



Simak Video "Aksi Heroik Dadan Selamatkan Wisatawan yang Ditelan Ombak"
[Gambas:Video 20detik]
(ern/ern)