detikNews
Kamis 04 Juli 2019, 15:12 WIB

Pencuri Duit Rp 1,2 M Milik Bos Ikan Sukabumi Beraksi Cukup 1 Menit

Syahdan Alamsyah - detikNews
Pencuri Duit Rp 1,2 M Milik Bos Ikan Sukabumi Beraksi Cukup 1 Menit Pelaku menggunakan pecahan busi bekas untuk mencuri uang Rp 1,2 miliar milik bos ikan di Sukabumi. (Foto: Syahdan Alamsyah/detikcom)
Sukabumi - Aksi dua pelaku pencurian uang Rp 1,2 miliar milik bos ikan di Kota Sukabumi, Jawa Barat, terbilang singkat. Hanya butuh satu menit, pelaku bisa mengambil tas berisi uang dari dalam mobil dengan modus pecah kaca.


Kapolresta Sukabumi AKBP Susatyo Purnomo menunjukkan sejumlah alat yang digunakan pelaku berinisial L dan C ketika beraksi. Alat pertama berupa pecahan busi dan kayu lonjong dengan ujung besi.

"Pecahan busi digunakan dengan cara dilempar sekuat tenaga ke arah kaca mobil target, setelah pecah didorong menggunakan kayu berujung besi," kata Susatyo di Mapolresta Sukabumi, Kamis (4/7/2019).

Para pelaku melancarkan aksinya selama kurang dari 1 menit, ketika tas korban diambil mereka kemudian melarikan diri. "Situasi parkiran tempat mereka beraksi sangat sepi. Ketika memecah kaca menggunakan alat ini (busi) tidak mengeluarkan suara. Pelaku beraksi kurang dari satu menit," kata Susatyo.

Pencuri Duit Rp 1,2 M Milik Bos Ikan Sukabumi Beraksi Cukup 1 MenitFoto: Syahdan Alamsyah

Kepada polisi, pelaku C mengaku sudah tinggal selama kurang lebih selama 3 tahun di Sukabumi. Sebelumnya dia bekerja sebagai sales di salah satu perusahaan rokok. Warga asal Sumatera Selatan itu akhirnya tergiur melakukan aksi pecah kaca setelah diajak temannya.

"Baru sekali beraksi, peralatan yang dibawa juga milik L (pelaku yang tewas), dia yang siapkan semua," ucap dia seraya menjelaskan perannya hanya sebagai joki motor.

Simak Video "Maling Gegerkan Kantor Wali Kota Cilegon, Terdengar Tembakan"
[Gambas:Video 20detik]

(sya/tro)


Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com