detikNews
Kamis 27 Juni 2019, 18:52 WIB

Jalan Setiabudi-Sukajadi Bandung Bakal Dibuat Satu Arah

Mochamad Solehudin - detikNews
Jalan Setiabudi-Sukajadi Bandung Bakal Dibuat Satu Arah Jalan Setiabudi-Sukajadi, Kota Bandung, akan dibuat satu arah. (Foto: Mochamad Solehudin/detikcom)
Bandung - Pemerintah Kota Bandung dan Polrestabes Bandung menyiapkan rencana rekayasa lalu lintas seperti di Jalan Setiabudi, Jalan Sukajadi dan beberapa ruas jalan lainnya. Hal itu dilakukan untuk mengurangi kepadatan arus lalu lintas yang kerap terjadi di kawasan tersebut.


Kasatlantas Polrestabes Bandung AKBP Agung Reza menjelaskan pihaknya masih mematangkan rencana rekayasa lalu lintas kawasan yang akan dilakukan. Dalam rekayasa tersebut akan dilakukan pengubahan arus lalu lintas.

Misalnya dari arah bawah mulai dari simpang Jalan Eykman menuju Jalan Sukajadi hingga Jalan Setiabudi dibuat satu arah. Kemudian Jalan Sukawangi kini tidak bisa lagi lurus untuk masuk ke Jalan dr Sutami. Dari jalan tersebut akan diarahkan belok kanan menuju Jalan Sukajadi. Apabila kendaraan dari Jalan Sukawangi menuju Jalan Dr Sutami harus masuk melalui Jalan Karang Sari-Sukajadi.

Kemudian di Jalan Bungur dari arah bawah mengarah ke Jalan Sutami juga dibuat satu arah mulai dari simpang Jalan Sukajadi-Bungur sampai dengan Bungur-dr Sutami. Kendaraan dari arah timur Jalan Dr Sutami tidak bisa belok kiri dan harus lurus. Sementara di Jalan Setia Budi dari arah utara mulai dari simpang Setiabudi-Sukajadi sampai dengan Setiabudi-Cipaganti dibuat satu arah. Jalur Cipaganti juga direkayasa, dari asalnya kendaraan dari arah bawah hendak ke Setiabudi bisa melalui jalur tersebut ke depan tidak bisa. Pasalnya jalur tersebut dibuat satu arah.

Dari hasil kajian sementara, rekayasa yang dilakukan bisa berdampak positif terhadap arus lalu lintas di kawasan tersebut. Beberapa titik yang biasa terjadi kepadatan relatif lebih lancar setelah dilakukannya rekayasa.

"Kalau dari software sudah terlihat penyebaran kepadatan. Titik merah sudah berkurang, jalur relatif kuning semua. Kemudian dari hasil beberapa ruas jalan seperti Sukajadi waktu tempuh jauh lebih bagus. Kemudian jalur Cihampelas biasa macet juga berkurang," kata Agung saat ditemui di Hotel El Royal, Kota Bandung, Kamis (27/6/2019).

Bila rencana rekayasa ini berhasil, dia memperkirakan mampu mengurangi kepadatan lalu lintas di kawasan tersebut hingga 70 persen. Karena beberapa persimpangan yang biasa menjadi penyebab kemacetan bisa tertangani dengan baik. "Itu secara software V-Sim kurang lebih bisa 70 persen mengurangi kemacetan," ucapnya.


Di lokasi yang sama Kepala Dinas Perhubungan Ricky Gustiadi menyatakan, dalam waktu dekat akan melakukan persiapan di lapangan. Mulai dari pemasangan arah petunjuk jalan dan rambu-rambu lalu lintas. "Kami lakukan persiapan perencanaan juga. Kemudian siapkan rambu-rambu portable. Inventarisasi parkir dan lainnya," katanya.

Bila tidak ada kendala, pihaknya bersama Polrestabes Bandung akan melakukan uji coba rekayasa lalu lintas kawasan ini pada Juli mendatang. Selain itu pihaknya juga akan segera melakukan sosialisasi kepada masyarakat.


Sementara itu, Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana menilai rekayasa lalu lintas di kawasan tersebut memang dibutuhkan. Pasalnya, kawasan Jalan Sukajadi dan Setiabudi selalu mengalami kepadatan. "Jadi kan di Kota Bandung cukup sulit memperlebar jalan. Jadi salah satu upaya mengurai kemacetan dengan melakukan rekayasa," katanya.

Selain itu, kata Yana, penerapan rekayasa ini harus dilakukan secara matang. Karena rekayasa lalu lintas yang dilakukan cukup besar dan merupakan salah satu jalan vital.

"Karena memang ini cukup ekstrem rekayasa kawasan melibatkan jalan ramai yang strategis dan jalan-jalan alternatifnya harus dipersiapkan. Jadi memang perlu pengkajian lama dan intens," ujarnya.



Tonton Video Sistem Satu Arah Dicoba di Kawasan Dukuh Bawah:

[Gambas:Video 20detik]


Jalan Setiabudi-Sukajadi Bandung Bakal Dibuat Satu Arah


Simak Video "Bandung Kota Termacet, Gubernur: Warga Jangan Manja"
[Gambas:Video 20detik]

(mso/tro)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com