detikNews
Rabu 26 Juni 2019, 14:32 WIB

Pembunuhan Buruh di Bandung, Polisi: Korban Diikat-Diceburkan Pelaku

Wisma Putra - detikNews
Pembunuhan Buruh di Bandung, Polisi: Korban Diikat-Diceburkan Pelaku Foto: Ilustrasi penganiayaan (dok detikcom)
Kabupaten Bandung - Dua pemuda, Dendi Rohmat (20) dan Rudi Hartana (19), tega menghabisi nyawa kawannya, Ikbal Pratama (20). Pelaku menganiaya lelaki bekerja sebagai buruh itu lalu menceburkan ke Situ Cileunca.

Mayat Ikbal ditemukan warga di danau tersebut pada Selasa (25/6), sekitar pukul 07.00 WIB. Tangan korban terikat tali plastik.

Kasus pembunuhan ini bermula saat pelaku dan korban menenggak minuman keras pada Minggu (23/6). Pesta miras berlangsung di rumah Dendi, Kampung Kapas, Desa Warnasari, Kecamatan Pangalengan, Kabupaten Bandung, Jawa Barat.


Selagi mabuk, tiba-tiba Ikbal mengamuk dan memecahkan kaca jendela rumah. "Ketiganya meminum minuman keras. Lalu terjadi keributan. Korban (Ikbal) tiba-tiba mengamuk karena mabuk dengan memecahkan kaca jendela depan rumah menggunakan tangan kosong," kata Kabidhumas Polda Jabar Kombes Trunoyudo Wisnu Andiko kepada detikcom, Rabu (26/6/2019).

Dendi dan Rudi malah mengeroyok Ikbal. Serangan tersebut membuat korban terkapar.

"Kedua pelaku memukuli korban menggunakan tangan kosong di bagian wajah. Setelah itu, Rudi memegangi korban. Lalu Dendi mengikatnya menggunakan tali plastik rapia hijau yang diambilnya dari pinggir sumur belakang rumah," tutur Truno.

Setelah Ikbal diikat, Dendi dan Rudi membawanya ke pinggir Situ Cileunca yang berada di belakang rumah atau berjarak sekitar tujuh meter. "Korban diceburkan ke Situ Cileunca," kata Truno.

Mengetahui Ikbal masih hidup dan meronta, dua pemuda tersebut makin beringas. "Karena korban berusaha berteriak, kedua pelaku masuk ke Situ Cileunca dan menenggelamkan korban dengan cara memasukkan kepala korban ke dalam air sampai tidak bergerak lagi," tutur Truno.

Dendi dan Rudi melarikan diri usai menghabisi nyawa Ikbal. Mayat Ikbal ditemukan mengambang di Situ Cileunca, Kecamatan Pangalengan, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Selasa (25/6) pagi. Polisi sudah menangkap dua pemuda tersebut. Polisi menjerat pelaku dengan Pasal 170 dan atau 338 KUHP.
(bbn/bbn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com